Kermes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kermes
Kermes echinatus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Hemiptera
Superfamili: Coccoidea
Famili: Kermesidae
Genus: Kermes
Latreille, 1798
Spesies

Lihat teks

Kermes adalah suatu genus dari superfamilia serangga sisik (Coccoidea; scale insect) dalam ordo Hemiptera. Serangga berbentuk seperti ulat cacing ini memakan sari getah pohon ek hijau (sap of evergreen oak). Jenis betina menghasilkan pewarna merah, yang disebut "kirmizi" (bahasa Inggris: kermes), yang menjadi sumber untuk warna merah alamiah (crimson).[1] Kata "kermes" diturunkan dari bahasa Arab/Persia qirmiz (قرمز), yang berarti (warna) "merah" atau bahasa Inggris: "crimson" (kemungkinan melalui Persia Tengah, dan asal mulanya dari bahasa Sanskerta कृमिज kṛmi-ja yang artinya "dibuat dari cacing" ("worm-made")[2]).

Spesies[sunting | sunting sumber]

Terdiri dari enam spesies:

Kermes ilicis[sunting | sunting sumber]

Nama lama: Coccus ilicis
Nama bahasa Inggris: crimson worm atau scarlet worm
Nama bahasa Ibrani: tola’at shaniy[3]
Spesies penghasil warna merah kirmizi, yang masih berhubungan keluarga dengan serangga jenis Kocineal (dari superfamilia yang sama, Coccoidea). Biasa ditemukan hidup pada sejumlah spesies pohon ek di daerah Laut Tengah. Bentuknya bulat, seukuran kacang kapri, mengandung zat warna yang analog dengan carmine (yang dihasilkan oleh Kocineal), dan banyak digunakan sebagai pewarna kain. Dahulu dianggap bersifat tumbuhan dan digunakan pula sebagai obat. Nama "kermes" dari bahasa Inggris, juga ditulis sebagai chermes, menjadi asal kata untuk warna crimson, yaitu jenis warna merah kirmizi yang dihasilkan oleh K. ilicis atau K. vermilio.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Naturenet article with images and description of Kermes vermilio and its foodplant
  2. ^ American Heritage Dictionary s.v. Kermes, also Kluge, "Etymologisches Wörterbuch der deutschen Sprache", s.v. Karmesin, et al.
  3. ^ Yesaya 1:18
  4. ^ Kamus Webster 1913; Collaborative International Dictionary of English v.0.48