Kerjasama Sipil Militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tentara Portugal dalam aksi CIMIC di Pristina, Kosovo.

Kerjasama Sipil-Militer (CIMIC) adalah fungsi militer dimana struktur komando terhubung dengan lembaga/institusi sipil yang aktif dalam bidang operasi terkait.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

The United States Army, sejak Perang Dunia II, memiliki unit Urusan Sipil yang terpelihara, dimana salah satu fungsinya adalah menjalankan tugas-tugas terkait Civil-Military Co-Operations (CIMIC). Tetapi, lembaga ini pada dasarnya memiliki fungsi yang lebih luas dan fokus yang berbeda dari kebanyakan Organisasi CIMIC. Pada pertengahan 1990'an, terutama belajar dari kasus Bosnia and Herzegovina dan Kosovo, anggota-anggota NATO mulai membangun doktrin CIMIC.

Doktrin[sunting | sunting sumber]

Dokumen kunci yang menjelaskan doktrin NATO CIMIC adalah Allied Joint Publication 9. Secara garis besar berisi tentang tiga fungsi inti dari CIMIC, antara lain:

  1. Mendukung Angkatan Bersenjata. Setiap aktivitas didesain untuk menciptakan sistem pendukung bagi kekuatan militer dari dalam populasi indigen/lokal.
  2. Hubungan Sipil-Militer. Koordinasi dan perencanaan bersama dengan lembaga/badan sipil dalam mensupport misi.
  3. Mendukung Lingkungan Sipil. Penyediaan berbagai bentuk pendampingan (tenaga ahli, informasi, keamanan, infrastruktur, pengembangan kapasitas dll.) bagi populasi lokal dalam mendukung misi militer.

Keberjalanan CIMIC ditentukan oleh fungsi dan juga kapabilitas. Sebagai hasilnya, di sebagian besar pasukan gabungan NATO terdapat prajurit-prajurit yang secara khusus dilatih dan dipekerjakan dalam CIMIC.Di waktu yang sama, sebagian besar prajurit di dalam setiap operasi melakukan berbagai aktivitas CIMIC dalam aktivitas keseharian mereka. Operator CIMIC tidak berhak memonopoli aktivitas CIMIC. Keberadaannya hanya bertujuan menyediakan pemimpin/komando yang memiliki pengalaman dan saran dalam urusan CIMIC.


Singkatan-Singkatan[sunting | sunting sumber]

ACOS: Assistant Chief of Staff
ACSP: Afghan Country Stability Picture
CIMIC: Civil Military Cooperation
ISAF: International Security Assistance Force (Afghanistan)
J9: CIMIC division in a Joint HQ
JC: Joint Command
JFC: Joint Force Command
SHAPE: Supreme Headquarters Allied Powers Europe

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]