Keripik singkong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Keripik Singkong)
Keripik singkong balado

Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebagai bumbu balado.[1] Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Cara Memilih Singkong[sunting | sunting sumber]

Memilih dan memilih singkong bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi yang baru berkenalan dengan keluarga umbi-umbian ini bisa terapkan tips berikut untuk memilih singkong yang tepat sebelum mengolahnya jadi keripik nikmat.

  1. Pilih singkong yang masih fresh, masih segar baru dicabut dari tanah. Memang agak sulit untuk memastikan ini kecuali Anda menanam singkong sendiri di kebun belakang rumah. Bila memungkinkan belilah singkong ketika baru datang atau diturunkan dari mobil pengepul. Biasanya singkong ini masih segar dan baru pasca panen.
  2. Cara lainnya pilihlah singkong yang miliki kulit tidak terkoyak. Kulitnya masih mulus, segar, dan tidak ada tanda-tanda kecacatan. Sebut saja terkelupas.
  3. Umumnya singkong empuk miliki tanda kulit ari yang sudah mulai mengelupas. Perhatikan kulit arinya yang tampak kasar yang biasa disebut kriwil-kriwilnya dalam Bahasa Jawa.
  4. Saat mengupas, kulit singkong yang bisa mudah terkelupas kulitnya, pasti kualitas bagus (empuk). Ini salah satu pertanda kualitas singkong yang baik.
  5. Perhatikan pula pada bagian penampang daging. Apabila nampak sebuah pola lingkaran berwarna kehijauan serta kebiruan, urungkan niat untuk membeli singkong tersebut. Singkong jenis ini sudah tak laik untuk dikomsumsi.
  6. Singkong yang miliki daging berwarna krem biasanya sangat empuk. Namun bukan berarti singkong yang berwarna daging putih tidak kalah empuk.
  7. Jika mendapati singkong yang di bagian dagingnya nampak keras, tidak berserat, serta kasar, biasanya tidak empuk. Jangan memilih singkong dengan ciri tersebut.
  8. Jika singkong telah dikupas maka cara menyimpannya dengan direndam dalam air. Masukkan kemudian di lemari es dengan bagian daging singkong terendam penuh.
  9. Jika singkong belum dikupas simpan di tempat terbuka. Jangan menyimpan singkong di suhu atau ruangan yang lembab.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Keripik singkong balado". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-04. Diakses tanggal 2011-03-14. 
  2. ^ "Cara Membuat Keripik Singkong Aneka Rasa". MANGAIP BLOG. Diakses tanggal 2022-02-09. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]