Kereta api Surabaya-Cepu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kereta api Surabaya-Cepu
Info
Kelas Ekonomi AC
Sistem Kereta api lokal
Status Beroperasi
Lokal Daop VIII Surabaya
Stasiun terminus Stasiun Surabaya Pasar Turi
Stasiun Cepu
Jumlah stasiun 16
Rute pelayanan 1
Operasional
Pemilik PT Kereta Api Indonesia
Operator Daerah Operasi VIII Surabaya
Elektrifikasi -


Kereta api Surabaya-Cepu adalah Kereta api Rel Diesel Indonesia (KRDI) yang melayani rute Surabaya Pasar Turi - Cepu. Kereta api ini adalah kereta api komuter terbaru yang diluncurkan pada 25 Agustus 2011 di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Setelah diresmikan pengoperasian KRDI AC ini melayani lintas Surabaya Pasar Turi-Lamongan-Bojonegoro dan terakhir Cepu. Peresmian tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Walikota Surabaya Tri Rismaharani, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Dirjen Perkeretaapian Tunjung Inderawan, Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito dan EVP DAOP 8 Surabaya Tisna Djaja.

Pengoperasian KRDI AC ini untuk meningkatkan pelayanan angkutan penumpang kereta api kelas ekonomi dan Pengembangan Perkeretaapian Nasional, sejak tahun 2010 standar kereta api kelas ekonomi dengan dilengkapi pendingin udara.Kereta ini dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC) dan toilet sebanyak dua unit pada masing-masing gerbong. Sementara susunan tempat duduk dibuat 2-2 agar lebih ergonomis untuk perjalanan jarak jauh.

KRDI AC menampung 580 penumpang. Sebagai upaya pengenalan KRDI-AC, PT. Kereta Api Indonesia mengadakan layanan mudik gratis dari Surabaya-Bojonegoro mulai 25 Agustus 2011 9 September 2011.

Stasiun Persinggahan[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]