Kerenina Sunny Halim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerenina Sunny Halim
Karenina Halim.jpg
Nama lahir Kerenina Sunny Halim
Lahir 13 Juni 1986 (umur 28)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Miss Indonesia 2009
Tahun aktif 2009 - sekarang
Agama Kristen

Kerenina Sunny Halim (juga dipanggil Karenina; lahir di Jakarta, 13 Juni 1986), keturunan Indonesia Amerika, adalah Miss Indonesia 2009 yang merupakan wakil dari DKI Jakarta. Ia mewakili Indonesia pada ajang Miss World 2009 di Afrika Selatan pada bulan November-Desember tahun yang sama.

Kerenina adalah campuran keturunan, Ibunya dari Montana, Amerika Serikat dan ayahnya dari Bandung, Indonesia. Dia memiliki lima saudara, salah satunya adalah juga salah seorang selebriti terkenal di Indonesia, Steve Emmanuel, yang telah membintangi beberapa sinteron TV (juga dikenal sebagai sinetron di Indonesia).

Kerenina sekolah di rumah di awal tahun sampai lulus, dan pada tahun-tahun remajanyaaktif berpartisipasi dalam beberaapa proyek kemanusiaan di seluruh kepulauan Indonesia. Pada usia 22 tahun, Kerenina telah menerima 6 ijazah untuk studi kuliahnya, Public Relations, Sales and Marketing, Primary Teaching, Economics, Performing Arts, dan Music and Arts,[1] yang semuanya diterbitkan oleh Christian Vocational Academy, lembaga pendidikan jarak jauh.[2]

Pada tahun terakhirnya di SMA, Kerenina menyelesaikan kursus seni pertunjukan, selama dia tinggal di Bali. Dia tampil dengan dengan kelompok tari yang berpartisipasi dalam beberapa kompetisi, dan mencapai tempat pertama dalam Festival Kesenian Jakarta 2001. Selain itu, dia juga mengambil kursus musik drum, dan ikut kursus vokal. Selama tahun pertama kuliah, dia menghabiskan satu tahun di India, dimana dia membantu mendirikan sekolah untuk anak-anak tuli. Dia juga berperan aktif dalam mengkonsolidasikan hak-hak perempuan di lembaga pemasyarakatan wanita di New Delhi.

Sebagai buntut dari bencana Tsunami di Aceh pada bulan Desember 2004, Kerenina menghabiskan waktu dua tahun untuk membantu membangun Aceh kembali. Berperan aktif dalam salah satu tim bantuan bencana respon pertama, dia juga, dengan bantuan dari organisasi-organisasi lain, mendirikan proyek-proyek seperti, program pendidikan bagi anak-anak di lokasi pengungsian, megatur pembangunan dan menyumbangkan lebih dari 100 kapal nelayan ke desa-desa nelayan ke dalam dan sekitar Banda Aceh. Dia adalah kunci dalam pengembangan proyek klinik yang menyediakan pelayanan kesehatan mobile pertama dan gratis di area itu pada saat itu, membawa peralatan medis dan obat-obatan gratis untuk 15 desan dalam wiayah Aceh.

Pada usia 21 tahun, dia pindah untuk tinggal sendiri dan mulai bekerja secara mandiri, selama 2 tahun mengajar mata pelajaran pengembangan diri dan psikologi anak di sebuah sekolah dasar di Jakarta, Sekolah Mentari.

Kerenina juga menghabiskan waktu luangnya dengan melakukan berbagai macam iklan TV dan kegiatan modelling seperti berjalan di peragaan baju dan foto untuk majalah fashion. Pada April 2009 dia mengikuti audisi kompetisi Miss Indonesia 2009 dan terpilih sebagai salah satu dari 33 finalis untuk memperebutkan gelar Miss Indonesia 2009. Kerenina terpilih menjadi wakil dari DKI Jakarta dan bersama dengan 32 finalis lainnya memulai program persiapan 2 minggu karantina menjelang acara grand final kompetisi.

Kerenina membuat para juri kagum dengan kefasihannya berbahasa Inggris, serta sikap tenang dan elegan, mengesankan para juri dengan kemampuannya untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan kepadanya dengan kecerdasan yang luar biasa selama tahapan kompetisi, dia kemudian memenangkan gelar dan dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2009, di acara Grand Final pada tanggal 5 Juni 2009.

Pada tahun yang sama Kerenina juga dikirim sebagai wakil dari Indonesia untuk bersaing dalam kompetisi Miss World, pada bulan November dan Desember 2009. Dan menjadi orang Indonesia pertama yang pernah memenangkan top skor di semua 5 Fast Tracks Competitions kompetisi Miss World.


Prestasi di Miss World 2009[sunting | sunting sumber]

  • Sebagai Miss Sport, meskipun tidak diunggulkan. Timnya memenangkan medali emas.
  • Sebagai Miss Talent, dia menduduki posisi ke 10.
  • Pada Beach Beauty, dia menjadi delegasi Indonesia pertama di Miss World disebut sebagai semi finalis dan berada di posisi 12.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Sandra Angelia
Miss Indonesia
2009
Diteruskan oleh:
Asyifa Latief