Kerajaan Mori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kerajaan Mori merupakan suatu kerajaan yang terdapat di wilayah Sulawesi Tengah dan diperintah pada suatu masa oleh seorang raja yang dikenal dengan sebutan 'Mokole Marunduh' (Datu'ri tana Mokole Marunduh) yang memimpin perlawanan terhadap Belanda .[1] Menurut suatu naskah pembentukan Negara Indonesia Timur (NIT) kerajaan Mori termasuk dalam resort afdeling Poso, Donggala[2], dan Kerajaan Mori juga termasuk wilayah dari Kerajaan Luwu[3], kerajaan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kerajaan Tanah Mori dan Peperangan Raja Mori (Raja Marunduh) melawan tentara Belanda", Perpustakaan Daerah Provinsi, Biro Infokom - Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu 24 Juli 2004 Diarsipkan 2007-09-29 di Wayback Machine.
  2. ^ "Lintasan Sejarah", Perpustakaan Daerah Provinsi, Biro Infokom - Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu, 15 Mei 2004 Diarsipkan 2007-09-29 di Wayback Machine.
  3. ^ KEDATUAN LUWU WILAYAHNYA SAMPAI KERAJAAN MORI, PROVINSI SULAWESI TENGAH, Baca Datu ri Tana mau memberontak kepada Kedatuan Luwu sehingga dapat gelar Datu ri Tana. [1].