Kerajaan Hungaria (1920–1946)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerajaan Hungaria

Magyar Királyság
1920-1946
1920-1944
Bendera Hungaria
Bendera negara
Semboyan"Regnum Mariae Patrona Hungariae"[butuh rujukan]
Peta Kerajaan Hungaria tahun 1942
Peta Kerajaan Hungaria tahun 1942
Ibu kotaBudapest
Bahasa yang umum digunakanHungaria
Agama
Katolik Roma, Calvinisme, Lutheranisme, Orthodox Timur, Unitarianisme, Yahudi
PemerintahanRegency
Raja 
• 1920–1946
Jabatan lowong
Kepala Negara 
• 1920–1944
Miklós Horthy
• 1944–1945
Ferenc Szálasi
• 1945–1946
Majelis Tinggi Nasional
Perdana Menteri 
• 1920
Sándor Simonyi-Semadam
• 1945–1946
Zoltán Tildy
LegislatifDiet
 - Upper
Felsőház
 - Representatif
Képviselőház
Era SejarahPeriode antar perang
• Didirikan
1 Maret 1920
• Perjanjian Trianon
15 Oktober 1944
• Penghapusan monarki
1 Februari 1946
Mata uangKorona Hungaria (1920-1927)
Pengő Hungaria (1927-1946)
Kode ISO 3166HU
Didahului oleh
Digantikan oleh
Republik Demokratik Hungaria
Republik Hungaria Kedua
Operasi Margarethe
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kerajaan Hungaria (Bahasa Hungaria: Magyar Királyság), dikenal juga sebagai Perwalian, yang muncul di peta Eropa pada 1920 sampai 1946 sebagai negara de facto di bawah naungan Admiral Miklós Horthy. Horthy resmi mewakili monarki Hungaria Charles IV, Apostolik Raja Hungaria. Upaya oleh Charles IV untuk kembali ke tahta dicegah oleh ancaman perang dari negara-negara tetangga dan oleh kurangnya dukungan dari Horthy.

Negara ini dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai negara klien Nazi Jerman dari 1938 ke 1944.[1] Kerajaan Hungaria di bawah Horthy ini merupakan salah satu negara yang menandatangani Pakta Tripartit. Tahun 1944, setelah Rezim Horthy untuk meninggalkan perang, Jerman dengan cepat menduduki tanah Hungaria dan menggulingkan Rezim Horthy. Digantikan oleh Pemimpin Partai Salib Panah (Nyilaskeresztes Párt – Hungarista Mozgalom) yaitu Ferenc Szálasi dan membentuk pemerintahan baru yang dikontrol tepat di bawah komando pendudukan Jerman, dengan begitu otomatis Hungaria statusnya berubah, dari Kerajaan ke Negara Boneka.

Setelah Perang Dunia ke-2, Hungaria menjadi negara satelit Uni Soviet. dan pada 1946, Republik Hungaria Kedua didirikan di bawah kendali penuh Soviet. Baru pada 1949, negara independen Komunis Hungaria yang bernama Republik Rakyat Hungaria didirikan (Namun dipaksa masuk ke Aliansi Pakta Warsawa.

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Setelah pecahnya Kerajan Austria-Hungaria pasca Perang Dunia ke-1, Republik Demokratik Hungaria dan Republik Soviet Hungaria segera memproklamirkan diri pada 1918 dan 1919. Rezim Komunis Pendek Béla Kun meluncurkan aksi yang dikenal sebagai the "Teror Merah (Hungaria)", yang mana menggiring Hungaria berperang dengan Rumania. Pada Tahun 1920, jatuh ke dalam Konflik Perbedaan Ideologi, dengan Orang-Orang Hungaria Anti Komunis dan Pro-Monarki dengan kekerasan memburu dan membunuh dengan kejam orang-orang Radikal Sayap kiri, Intelek Komunis Hungaria, Bahkan Yahudi karena dianggap sebagai ancaman terhadap Kerajaan. Peristiwa ini disbut Teror Putih. Akhir tahun 1920 pasca penarikan cepat pasukan Rumania, Kerajaan Hungaria direstorasi kembali.

Foto Admiral Miklós Horthy

Pada tanggal 29 Februari 1920, sebuah Koalisi Politik Sayap Kanan bersatu dan memutuskan bentuk pemerintahan Hungaria adalah monarki konstitusional. Negara Pemenang Perang Dunia pertama jelas menolak raja Charles IV kembali naik takhta di Hungaria. Dengan kerusuhan sipil yang besar melonjak di Hungaria maka Admiral Miklós Horthy diutus untuk memimpin Tanah Lahir Tercinta nya Hungaria, Sándor Simonyi-Semadam adalah Perdana Menteri Pertama Kerajaan Hungaria.

Perang Dunia ke-2[sunting | sunting sumber]

Konsep Hungaria Raya telah terwujud.

Pada Tahun 1940, Kerajaan Hungaria menandatangani Pakta Tripartit dan dengan begitu masuk ke Blok Poros dan memaksa Wilayah Transylvania yang ditaklukan Romania untuk di kembalikan ke Hungaria. Pemimpin Jerman Führer Adolf Hitler dan Rezim Nazi membantu Hungaria mengambil wilayah tersebut dalam Putusan Arbitrase Wina Kedua. Sebagai balasannya Hitler meminta Hungaria membantu Kebutuhan Perang Jerman dan Kebijakan Rasial Jerman untuk menghindari Konflik di Masa Depan. Anti-Semitism sudah ada menjadi bagian Hungaria pada era 1918-1928 jadi tak masalah. Pada tahun 1944, setelah Hitler menggulingkan Rezim Horthy dan menginstal Rezim Setia Sampai Mati ke Hitler membantu Jerman memusnahkan penduduk yahudi yang masih ada di Hungaria.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seamus Dunn, T.G. Fraser. Europe and Ethnicity: The First World War and Contemporary Ethnic Conflict. Routledge, 1996. P97.