Kerajaan Danda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Danda (alias Dandaka, kerajaan dan hutannya memiliki nama sama) adalah negara koloni Alengka di bawah pemerintahan Rahwana. Gubernur Rahwana bernama Kara memerintah provinsi tersebut. Wilayah itu adalah benteng pertahanan yang kuat bagi suku rakshasa yang hidup di hutan Dandaka. Wilayah ini meliputi distrik Aurangabad di Maharashtra dengan Janasthana (Kota Aurangabad) sebagai ibukotanya. Disinilah raksasa Kara menyerang Ragawa Rama dari Kosala, yang tinggal bersama istri dan adiknya di Pancawati (zaman sekarang disebut Nasik) , tidak jauh dari sana.

Referensi dalam Mahabharata[sunting | sunting sumber]

Meski Dandaka disebutkan dalam wiracarita Ramayana, dengan sangat detail, beberapa kemunculan kerajaan ini ditemukan dalam Mahabharata.

Kemenangan Sadewa[sunting | sunting sumber]

Sadewa, jenderal Pandawa, adik Raja Pandawa Yudistira, pergi ke wilayah selatan untuk mengumpulkan upeti untuk upacara Rajasuya yang diselenggarakan Sang Raja.

Sadewa, setelah mengumpulkan berlian dan permata dari Raja Rukmini (memerintah di ibukota kedua Kerajaan Widarbha, bernama Bhojakata), melanjutkan perjalanan ke selatan. Di sana ia menaklukkan wilayah Surparaka, Talakata, dan juga Dandaka.