Kenanga, Sumber, Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kenanga
—  Kelurahan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Cirebon
Kecamatan Sumber
Luas -
Penduduk 5000 jiwa
Kepadatan -

Kenanga adalah kelurahan di kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.Dahulu dikenal dengan Desa Pondok Pari. Hal Ini dikarenakan di desa ini sebagai pusat hasil Pari (Padi). Dusun atau blok yang ada di desa itu antara lain Kranten, Jamsari, Pontas, Kenangasari, Lebak, Tuan Rante, Kanis (tanjung sari), Palsanga, Cigugur, Jorogan, Pesantren, Karanggayam dan kedungmara. kantor Kelurahannya nya ada di Kranten.Kelurahan ini memiliki 6 RW.

Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kejuden dan Getasan, Selatan berbatasan dengan Desa Sindang Jawa dan Leuwi Nanggung, Kelurahan Tukmudal Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Tukmudal dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Sindang jawa dan Desa karang wangi. walaupun jarak kelurahan Kenanga dengan Kantor Bupati Cirebon hanya berjarak tiga kilometer saja, sarana dan prasarana kelurahan itu terasa kurang, contohnya di Kelurahan Kenanga walaupun ada pengeboran Air Bersih Untuk PDAM namun warganya tidak merasakan air tersebut, selain itu di Kelurahan kenanga tidak ada sambungan telepon fixed line.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di kelurahan Kenanga terdapat 4 sekolah dasar yaitu SDN 1 Kenanga, SDN 2 Kenanga, SDN 3 Kenanga dan satu sekolah lanjutan tingkat pertama (MTs Alhidayah). salah satu dari SD yang ada di Kenanga merupakan SD rintisan sekolah bertaraf internasional, yaitu SDN Kenanga 4. namun disayangkan penduduk Kenanga mulai tahun ajaran 2010 jarang yang bersekolah di sana.