Kenampakan albedo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kenampakan albedo adalah wilayah di permukaan suatu planet (atau benda langit lainnya) yang menunjukkan kontras kecerahan atau kegelapan (albedo).

Dalam sejarah, kenampakan albedo merupakan kenampakan pertama (dan biasanya satu-satunya) yang dapat diamati dan dilihat di planet Mars dan Merkurius. Peta klasik planet-planet tersebut (seperti yang dibuat oleh Schiaparelli[1] dan Antoniadi[2]) hanya menunjukkan kenampakan albedo, dan baru saat wahana angkasa dikirim kenampakan permukaan seperti kawah dapat ditemukan.

Untuk benda langit selain Mars dan Merkurius, kenampakan albedo kadang-kadang disebut regio.

Di benda langit dengan atmosfer yang sangat padat seperti Venus dan Titan, kenampakan albedo permanen tak dapat dilihat dengan teleskop optik biasa karena permukaannya tak dapat dilihat, dan hanya awan dan fenomena atmosfer lain yang dapat diamati.

Kenampakan albedo pertama yang ditemukan di planet lain adalah Syrtis Major Planum di Mars pada abad ke-17.[3][4]

Kini, berkat wahana angkasa, citra permukaan Mars dan Merkurius dalam resolusi yang sangat tinggi telah diabadikan, dan tata nama klasik berdasarkan kenampakan albedo sudah tidak digunakan. Namun, tata nama tersebut masih digunakan untuk pengamatan Mars dari Bumi oleh astronom amatir.

Namun, untuk benda langit tata surya seperti Pluto dan Ceres yang belum dikunjungi oleh wahana angkasa, citra terbaik hanya menunjukkan kenampakan albedo. Citra tersebut biasanya diabadikan oleh Teleskop Angkasa Hubble atau teleskop darat yang menggunakan optik adaptif.

Cydonia Mensae di Mars merupakan contoh kenampakan albedo.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ley, Willy and von Braun, Wernher The Exploration of Mars New York:1956 The Viking Press Pages 70-71 Schiaparelli's original map of Mars
  2. ^ Antoniadi's map of Mercury
  3. ^ Morton, Oliver (2002). Mapping Mars: Science, Imagination, and the Birth of a World. New York: Picador USA. hlm. 14–15. ISBN 0-312-24551-3. 
  4. ^ William Sheehan. "The Planet Mars: A History of Observation and Discovery - Chapter 4: Areographers". Diakses 2007-09-07.