Kementerian Agribudaya, Alam dan Kualitas Pangan (Belanda)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kantor utama di pusat Den Haag

Kementerian Agribudaya, Alam dan Kualitas Pangan (Ministerie van Landbouw, Natuurbeheer en Voedselkwaliteit; LNV) awalnya adalah kementerian agribudaya di Belanda. Pada 14 Oktober 2010, ketika kabinet Rutte dibentuk, departemen tersebut digabung dengan Kementerian Urusan Ekonomi untuk membentuk Ministry of Economic Affairs, Agriculture and Innovation yang baru.

Tanggung jawab[sunting | sunting sumber]

Kementerian tersebut bertanggung jawab untuk empat bidang kebijakan:

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kementerian tersebut didirikan sebagai sebuah kementerian yang terpisah, yang bernama "Kementerian Agribudaya dan Perikanan", pada 1935. Kebijakan agribudaya dan perikanan sebelumnya diintegrasikan dalam Kementerian Dalam Negeri dan Hubungan Kerajaan dan kemudian dalam Kementerian Perairan, Perdagangan dan Industri.

Setelah Perang Dunia Kedua, Kementerian tersebut menjadi bertanggung jawab untuk merasiokan pangan dan rekonstruksi sektor agribudaya. Sehingga bidang-bidang tersebut menjadi lebih berpengaruh. Antara 1946 dan 1982, kementerian tersebut menjadi sebuah "klien" berorientasi kementerian, yang berorientasi pada pengembangan sektor agribudaya dalam akurdansi kepada Kebijakan Agribudaya Umum Eropa.[1] Pada 1982, kementerian tersebut menjadi bertanggung jawab untuk konservasi alam dan rekreasi udara terbuka, yang digunakan untuk menjadi bagian dari tanggung jawab Kementerian Budaya, Rekreasi dan Karya Sosial. Sehingga kementerian tersebut menjadi lebih berfokus pada pengembangan sustainabel dari sektor agribudaya.

Pada 2003, Otoritas Barang dan Pangan menjadi bagian dari kementerian tersebut, yang berganti nama menjadi Kementerian Agribudaya, Alam dan Kualitas Pangan.

Menteri[sunting | sunting sumber]

Sejak 1989, berikut politikus yang menjadi menteri Agribudaya, Alam dan Kualitas Pangan

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Neelen et al. (2003), De bestuurlijk kaart van Nederland, p.69

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kementerian Belanda