Kelinci amami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kelinci amami[1]
Amami rabbit Stuffed specimen.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Lagomorpha
Famili: Leporidae
Genus: Pentalagus
Lyon, 1904
Spesies: P. furnessi
Nama binomial
Pentalagus furnessi
(Stone, 1900)

Kelinci amami (Pentalagus furnessi; Amami: ʔosagi), atau Amami no Kuro Usagi 奄美の黒兔 (kelinci hitam amami), juga disebut Kelinci Ryukyu, adalah kelinci primitif berbulu hitam yang hanya dapat ditemui di Amami Ōshima dan Toku-no-Shima, dua kepulauan kecil antara Kyūshū selatan dan Okinawa di prefektur Kagoshima (tetapi lebih dekat dengan Okinawa) di Jepang. Kelinci ini sering disibut fosil hidup. Kelinci amami adalah kelinci kuno yang pernah hidup di Asia daratan, tempat mereka punah, sisanya hanya tinggal berada di kepulauan kecil tempat mereka dapat selamat kini.

Kelinci amami kini merupakan spesies terancam karena perburuan yang akhirnya berakhir ketika Jepang melindungi kelinci amami pada tahun 1921, tetapi populasi kelinci ini juga terus berkurang karena ditebangnya hutan dan dibunuh oleh anjing, kucing dan binatang lain yang dibawa manusia. Garangan yang dilepas oleh penduduk untuk membunuh ular berbisa juga membunuh jumlah besar kelinci amami. Penebangan pohon dapat melukai kelinci amami, terutama ketika mereka tidur selama siang hari, dan dapat terbunuh tanpa sempat melarikan diri.

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoffmann, Robert S.; Andrew T. Smith (2005-11-16). In Wilson, D. E., and Reeder, D. M. (eds). Mammal Species of the World (ed. 3rd edition). Johns Hopkins University Press. hlm. 206. ISBN 0-801-88221-4. 
  2. ^ Lagomorph Specialist Group (1996). Pentalagus furnessi. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 2006-05-11. Listed as Endangered (EN A2b, B1+2bce, C1 v2.3)