Kejuaraan Dunia GT1 FIA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kejuaraan Dunia GT1 FIA
FIAGT1Logo.png
Logo Kejuaraan Dunia GT1 FIA
Kategori Grand tourer
Negara atau daerah Internasional
Musim pertama 2010
Pembalap Sekitar 40
Tim 10
Pemasok ban Michelin
Juara pembalap Bendera Jerman Michael Bartels
Bendera Italia Andrea Bertolini
Juara tim Bendera Jerman Vitaphone Racing Team
Juara pabrikan Aston Martin
Situs web resmi www.gt1world.com
Motorsport current event.svg Musim terkini

Kejuaraan Dunia GT1 FIA adalah sebuah seri kejuaraan dunia balap mobil yang dikembangkan oleh SRO Group dan diatur oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA). Balap ini terdiri dari berbagai macam kendaraan balap grand tourer yang berbasis dari kendaraan produksi jalanan dan mengikuti peraturan GT1 untuk pertandingan balap satu jam lintas benua. Gelar juara diberikan setiap musim untuk pembalap dan tim.

Kejuaraan Dunia GT1 FIA dimulai pada tahun 2010 dan menjadi penerus seri sebelumnya, FIA GT Championship yang terdiri dari kategori GT1 bersama dengan kategori GT2. Pada tahun 2012, direncanakan seri ini akan meninggalkan kekhusussan untuk kelas GT1 dengan mengijinkan kendaraan GT2 spesifikasi 2009 dari seri FIA GT Championship sebelumnya bersama dengan kendaraan spesifikasi GT3 saat ini untuk bersaing dengan kendaraan GT1 saat ini. Semua kendaraan akan mengalami penyesuaian performa dengan penambahan berat dan pembatasan modifikasi untuk mengurangi perbedaan. Nama balapan akan diganti menjadi Kejuaraan Dunia GT FIA.[1]

Format[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia GT1 FIA mengadakan balapan di sepuluh negara, dengann masing-masing seri erdiri dari dua balapan pada akhir pekan. Kualifikasi menggunakan sistem gugur serupa dengan Formula Satu, dimana terdapat tiga sesi dan pada setiap sesi, beberapa kendaraan terlambat akan dieliminasi dan posisi start mereka langsung ditentukan dari sesi tersebut. Balap pertama pada akhir pekan adalah balap kualifikasi, dimana hasilnya untuk menentukan posisi start untuk balap kedua yang akan menerima poin kejuaraan secara penuh. Pada setiap balapan, masing-masing mobil diharuskan mengganti mobil dan pembalap paling sedikit satu kali.[2] Sistem poin pada masing-masing seri identik dengan yang diadopsi oleh FIA sejak tahun 2010 dengan sepuluh kendaraan terbaik pada balapan kedua memperoleh poin. Pada balapan pertama hanya tiga mobil teratas yang memeroleh poin.[3]

Maksimum ada 6 pabrikan kendaraan diterima dengan batasan untuk menyokong dua tim privat. Tiap tim dibatasi untuk menggunakan dua mobil setiap seri. Hal ini menghasilkan grid balap yang terdiri dari 24 mobil dan 48 pembalap setiap seri. Untuk memastikan kompetisi yang ketat, setiap jenis mobil diuji oleh FIA untuk memastikan penyesuaian wajib (seperti penambahan berat dan pembatas lainnya) untuk menyamakan performa.[2][4] Menjadi penyedia ban tunggal untuk tiap seri.

Untuk mengurangi biaya tim, SRO menyediakan transportasi gratis untuk mobil dan tiket penerbangan bagi sepuluh personel dari masing-masing tim.[2]

Balap[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan dunia telah mengunjungi tiga benua sejauh ini, dengan rencana untuk benua keempat. Sirkuit Yas Marina di Uni Emirat Arab mewakili sati-satunya seri di Timur Tengah. Amerika Selatan diwakili oleh Sirkuit Potrero de los Funes di Argentina bersama dengan Interlagos dan Curitiba di Brazil. Balapan Eropa terdiri dari Sirkuit Brno di Ceko, Sirkuit Silverstone di Britania Raya dimana pemenangnya akan memperoleh RAC Tourist Trophy, Paul Ricard di Perancis, Autódromo Internacional do Algarve di Portugal, dan Circuito de Navarra di Spanyol. Seri Jerman dialihkan dari Nürburgring ke Sachsenring dari tahun 2010 ke 2011, sedangkan seri Belgia dipindahkan dari Circuit de Spa-Francorchamps menuju Zolder. Pada tahun 2011 seri ini menunjungi Asia dengan ronde ci China di Sirkuit Internasional Ordos. Karena pembatalan balap di Curitiba tahun 2011, ditambahkan balap di Sirkuit Goldenport Park di Beijing setelah balap di Ordos, dengan pertunjukan jalan raya setelahnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Enam pabrikan ikut serta dalam seri pertama dari GT1 FIA, dengan Corvette, Maserati, dan Aston Martin mempertahankan mobil mereka dengan spesifikasi FIA GT. Ford, Nissan, dan Lamborghini semuanya membawa kendaraan baru yang dirancang untuk GT1 FIA.

Juara dunia pertama pada musim balam 2010 dianugerahkan di Sirkuit Jalan Raya San Luis di Argentina setelah Balap Kualifikasi pada 5 Desember 2010. Michael Bartels dan Andrea Bertolini, tiga kali juara FIA GT, menjadi juara dunia Perseorangan, sedangkan tim mereka, Vitaphone Racing Team menjadi juara dunia Tim. Aston Martin memperoleh SRO Trophy bagi pabrikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Press Release World Motor Sport Council 03/06/2011". fia.com. 2011-06-03. Diakses 2011-06-13. 
  2. ^ a b c "Test Days: Tout sur le Championnat du Monde GT1 2010 !" (dalam bahasa French). Endurance-Info.com. 2009-04-06. Diakses 2009-04-06. 
  3. ^ "GT1 adopts F1 points system". FIA GT1 World Championship. SRO Group. 2010-03-15. Diakses 2010-03-19. 
  4. ^ "F.A.Q.". FIA GT Championship. Diakses 2009-07-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]