Keju Västerbotten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Västerbotten
Nama lainVästerbottenost
Negara asalSwedia
Sumber susuSapi
TeksturSemi-keras
Waktu pematangan1 tahun
SertifikasiTidak[1]

Västerbotten atau dikenal juga sebagai Västerbottenost adalah keju yang berasal dari Swedia yang dibuat dengan menggunakan susu sapi.[1] Keju ini diciptakan pertama kali pada tahun 1872 di daerah Burtrask di bagian utara dari negara Swedia.[2] Keju ini memiliki tekstur yang padat dan rapuh serta mempunyai beberapa lubang kecil yang tidak beraturan.[1] Keju Västerbotten dibuat secara tidak sengaja oleh seorang pembantu rumah tangga yang bernama Ulrika Eleonora Lindstrom.[2] Ia membiarkan keju tersebut begitu saja ketika ia melakukan pekerjaan rumah tangganya.[2] Pembuatan keju ini memang dilakukan dengan membiarkan susu selama beberapa saat dan kemudian barulah dadih diaduk dan dipotong-potong.[2] Rasa keju ini mirip dengan keju Parmigiano-Reggiano dari Italia.[2] Keju ini dapat dilelehkan dan diparut dengan baik.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 120.
  2. ^ a b c d e (Inggris) Have You Tried: Västerbotten Cheese? Diarsipkan 2009-12-02 di Wayback Machine., The Kitchn.com. Diakses pada 10 Juni 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]