Keju Gouda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
keju Gouda
Gouda.jpg
Negara asal Belanda
Kawasan, kota Holandia Selatan, Gouda
Sumber susu sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Agak keras
Waktu pematangan 1-18 bulan

Gouda (pengucapan bahasa Inggris: [ˈɡaʊdə][1] atau [ˈɡuːdə];[2], dari bahasa Belanda: Goudse kaas "Keju dari Gouda") adalah keju kuning yang dibuat dari susu sapi. Keju ini diambil namanya dari kota Gouda di Belanda, tetapi namanya tidak dilindungi dalam Perlindungan Indikasi Asal (PDO). Keju Gouda dibuat dan dipasarkan di seluruh dunia.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Keju gouda dibuat dari susu yang telah dikulturkan dan dipanaskan hingga tahu susu terpisah dari dadih susu. Sebagian dari dadih susunya diambil, dan ditambahkan air. Proses ini dinamakan "mencuci tahu susu" dan membuat keju yang dihasilkan lebih manis karena pencucian menghilangkan sebagian asam laktat. Sekitar sepuluh persen dari campuran itu adalah tahu susu yang telah dipres ke dalam cetakan bulat untuk beberapa jam. Cetakan ini merupakan hal utama yang membuat bentuk keju Gouda yang tradisional dan khas. Keju ini kemudian direndam dalam air garam, menyebabkan lapisan luar keju ini memiliki rasa yang unik dan lalu dikeringkan selama beberapa hari sebelum dilapisi untuk mencegah kejunya mengering seluruhnya untuk kemudian diperam. Tergantung pada klasifikasi umurnya, keju Gouda dapat diperam dari beberapa minggu sampai lebih dari 7 tahun sebelum siap dikonsumsi. Semakin tua, rasa manis karamelnya berkembang dan kadang terdapat sedikit rasa renyah dari kalsium laktat atau kristal tirosina yang seperti garam. [3] yang terbentuk dalam keju yang lebih tua.

Asal[sunting | sunting sumber]

Bulatan keju Gouda yang terkenal di pasar keju.

Sekarang, istilah "Gouda" adalah nama yang universal dan tidak terbatas pada keju dari Belanda [4] Istilah "Gouda Noord-Hollandse" telah terdaftar di UE sebagai Perlindungan Status Geografis.[5] Kejunya sendiri pada awalnya dikembangkan di Gouda yang merupakan provinsi di Holandia Selatan, Belanda. Karena itu, nama terdaftar yang mengacu pada Holandia Utara kurang tepat. Walaupun begitu, Noord Holland adalah daerah lahan sapi terkemuka di Belanda.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Gouda ekspor memiliki dua variasi, Gouda muda yang berumur antara 1 sampai 6 bulan, berwarna kuning tua dengan bungkus lilin parafin berwarna merah atau kuning. Keju ini mudah dipotong dengan alat pemotong keju.

Gouda ekspor yang lebih tua memiliki rasa pahit tersembunyi yang tajam, namun masih dianggap lebih berkrim dan kadang dapat dikenali dari bungkus lilin parafin hitamnya. Keju dengan rasa kuat ini keras dan kadang terlalu kaku untuk dipotong dengan alat pemotong keju, namun dapat dipotong dengan pisau atau disajikan dalam bentuk potongan dadu bersama berbagai minuman. Gouda asap, yang merupakan keju proses, dan Gouda Leyden, yang merupakan keju yang dibumbui, juga merupakan jenis yang populer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oxford English Dictionary, Second Edition. 1989.
  2. ^ Merriam-Webster Online Dictionary
  3. ^ On Food and Cooking. Harold McGee, 2004. p. 63
  4. ^ Kwaliteit Goudse kaas brokkelt af. Retrieved on 2007-12-11. (Belanda)
  5. ^ Noord-Hollandse Gouda. Retrieved on 2007-12-11.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) [Dofino] (aneka resep dengan keju Gouda)