Kehilangan balik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kehilangan balik (Inggris: return loss) atau kehilangan refleksi (Inggris: reflection loss) adalah kehilangan kekuatan sinyal karena adanya refleksi balik yang disebabkan adanya diskontinuitas dalam suatu saluran transmisi telekomunikasi baik konvensional maupun serat optik. Diskontinuitas ini dapat terjadi karena adanya ketidakcocokan dengan kondisi beban atau dengan perangkat peralatan pada pengguna. Keadaan ini biasanya dinyatakan sebagai rasio dalam desibel (dB), dimana untuk kehilangan balik diberikan oleh persamaan berikut:

di mana RL(dB) adalah kehilangan balik dalam dB, Pi adalah kekuatan sinyal yang terjadi dan Pr adalah kekuatan sinyal yang direfleksikan.

Semakin tinggi kehilangan balik suatu peralatan maka semakin baik peralatan tersebut.

Kehilangan balik pada serat optik[sunting | sunting sumber]

Dalam serat optik, kehilangan balik terjadi karena adanya diskontinuitas indeks bias atau refractive index, terutama pada konektor sambungan dari masing-masing ujung sambungan serat optik, di mana sebagian kecil dari sinyal optik terefleksikan kembali ke sumbernya. Fenomena refleksi ini juga dikenal dengan nama refleksi rugi-rugi Fresnel atau Fresnel reflection loss.

Referensi[sunting | sunting sumber]