Kees Schouhamer Immink

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kees Schouhamer Immink

Kornelis Antonie "Kees" Schouhamer Immink (lahir di Rotterdam, 18 Desember 1946; umur 68 tahun) adalah seorang insinyur Belanda, sekaligus pengusaha dan ilmuwan. Ia dihormati sebagai mitra-penemu terhadap Compact Disc, DVD dan Cakram Blu-ray.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Schouhamer Immink kuliah teknik elektro di Universitas Eindhoven, tempat ia meraih gelar Dr pada tahun 1985. Sejak tahun 1967 hingga 1998 ia bekerja pada Philips Research Laboratories di Eindhoven, Belanda. Sekarang, ia menjadi presiden dan pendiri Turing Machines Inc. dan bertindak sebagai profesor tamu pada Institute for Experimental Mathematics, Essen, Jerman, dan Data Storage Institute di Singapura. Ia pernah menjabat sebagai presiden pada Audio Engineering Society antara tahun 2001-2002.

Sepanjang kariernya, ia telah menyumbangkan desain dan pengembangan beragam perekam digital, seperti sistem disk Compact Disc, Compact Disc Video, DAT, DCC, DVD, dan Cakram Blu-ray. Riset Immink terdokumentasikan pada lebih dari 200 makalah teknis dalam jurnal kearsipan, dan lebih dari 1.000 paten di AS dan di luar negeri. Immink memainkan peranan utama dalam pengembangan teknologi pengkodean peralatan audio dan video. Ia merancang kode sumber EFM dan EFMPlus yang digunakan dalam Compact Disc dan DVD.

Ia menerima penghargaan Knighthood dari Beatrix, Ratu Belanda, pada tahun 2000. US National Academy of Television Arts and Sciences (NATAS) menganugerahinya penghargaan Emmy Award untuk Outstanding Technical Achievement.