Kecil-Kecil Jadi Manten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kecil-Kecil Jadi Manten
Genre
PembuatMultivision Plus
PengembangBudibay Hae
Ditulis olehAgam Suha
SkenarioMarzuki Ibrahim
CeritaRagil Sundaryanto
Sutradara
Pengarah kreatifRaakhee Punjabi
Pemeran
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode76 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifGobind Punjabi
ProduserRaam Punjabi
PenyuntingSanjeev Bhandari
Pengaturan kameraLare Angon
Durasi60 menit
Rumah produksiMultivision Plus
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis asli
Rilis14 Desember 2002 (2002-12-14) –
24 Mei 2004 (2004-5-24)

Kecil-Kecil Jadi Manten adalah serial televisi Indonesia produksi Multivision Plus yang ditayangkan perdana 14 Desember 2002 pukul 20.00 WIB di RCTI. Serial ini disutradarai oleh Yasman M. Yazid, dan dibintangi oleh Sukma Ayu, Sahrul Gunawan, dan Faridsyah Zikri.

Memasuki episode ke-65, serial ini berpindah tayang menjadi setiap Senin, di jam yang sama. Namun, pada episode ke-76, sinetron ini terpaksa ditamatkan karena pemeran Rohaye, Sukma Ayu koma selama beberapa bulan hingga meninggal di usianya yang ke-24.[1][2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Menceritakan seorang anak perempuan dan laki-laki yang memiliki sifat yang berlawanan sehingga membuat kedua orangtuanya kebingungan. Rohaye adalah anak perempuan dari pasangan Betawi dan pemilik usaha Ojek yang bernama Rojali dan Mumun. Rohaye memiliki sifat yang tomboy karena Rohaye sering bermain bola, memanjat pohon, dan tawuran dengan teman-temannya. Rohaye juga berani mencukur rambutnya hingga agak plontos dengan sisa rambut di depannya. Begitu juga dengan Ongky, seorang anak laki-laki dari pasangan pemilik usaha mie ayam yang bernama Ko Amen dan Aci. Ongky justru malah memiliki sifat yang kemayu dan manja. Ongky juga memilih membuat kue dan menjahit daripada bermain dengan teman laki-lakinya.

Dua pasangan tersebut selalu mencari jalan keluar agar anak-anak mereka bisa melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan sesuai dengan jenis kelamin anak-anak mereka. Rojali dan Amen pun menemukan sebuah cara jitu dengan kedua anak mereka dinikahkan. Tapi, sayangnya Rohaye tidak cinta kepada Ongky begitu juga dengan Ongky. Karena, Rohaye memiliki cinta kepada Aimin dan Ongky memiliki cinta kepada wanita lain.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref.
2003 Panasonic Awards 2003 Drama Seri Terfavorit Kecil-Kecil Jadi Manten Menang


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mammedov, Dadaş. "Kecil-Kecil Jadi Manten". www.wiki.id-id.nina.az. Diakses tanggal 2022-12-27. 
  2. ^ Selasa, 18 Mei 2004 16:36 Penulis: Erlin. "Sukma Ayu Koma, 'KECIL-KECIL JADI MANTEN' Ditamatkan". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2022-12-27.