Kecelakaan Star Dust Avro Lancastrian BSAA 1947

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kecelakaan Star Dust Avro Lancastrian BSAA 1947 adalah sebuah kecelakaan yang terjadi pada Star Dust, pesawat versi penerbangan sipil dari bomber Lancaster, hilang saat terbang dari Buenos Aires, Argentina, ke Santiago, Cile.

Pesawat yang dimiliki oleh British South American Airways (BSAA) itu diterbangkan oleh pilot berpengalaman, Reginald Cook. Pesawat meninggalkan Buenos Aires pada 2 Agustus 1947 pukul 13.46 siang waktu setempat. Pesawat bergerak ke arah pegunungan Andes.

Pesawat tak pernah sampai tujuannya. Namun, pesawat itu mengirim kode morse "STENDEC" sebelum hilang.

Beragam teori, mulai dari alien hingga sabotase, beredar ketika pesawat belum ditemukan. Fragmen pesawat sendiri baru ditemukan 50 tahun kemudian oleh dua orang asal Argentina.

Dibutuhkan lebih dari 50 tahun untuk menemukan jejak 11 orang yang berada di sebuah penerbangan tersebut. Dua pendaki gunung Argentina menemukan kepingan mesin di Andes pada 1998, dan sebuah ekspedisi Angkatan Darat juga menemukan jenasah.

Sebagian orang mengatakan pesawat itu menyebabkan longsor salju ketika jatuh ke Gunung Tupangato, sehingga badan pesawat terkubur dan hilang.

Sumber[sunting | sunting sumber]