Kebun Botani Bukares

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kebun Botani Bukares
Gradina-botanica-bucuresti.jpg
Informasi Umum
Jenis Kebun botani
Lokasi Cotroceni, Rumania
Koordinat -
Tahun Berdiri 1783
Dioperasikan oleh Pemerintah Cotroceni, Rumania
Status -

Kebun Botani Bukares, (kini bernamakan Dimitrie Brândză, si pendiri kebun ini), adalah sebuah kebun botani yang terletak di kota Cotroceni, tidak jauh dari Bukares, Rumania. Kebun ini sekarang memiliki luas 17,5 hektar, termasuk di dalam sebuah rumah kaca seluas 4,000 m², dan memiliki koleksi tidak kurang dari 10,000 spesies tanaman.

Kebun botani di Bukares, untuk pertama kalinya dibuat pada tahun 1860, tidak jauh dari Universitas Kedokteran dan Farmasi Carol Davila. Direktur pertamanya adalah seorang botanis yang bernama Ulrich Hoffmann, dan enam tahun kemudian digantikan oleh Dimitrie Grecescu. Kebun ini baru dipindahkan ke lokasinya yang sekarang pada tahun 1884 oleh Dimitrie Brândză, seorang botanis berkebangsaan Rumania, dan Fuchs, seorang arsitek berkebangsaan Belgia.

Kebun tersebut dibuka kembali untuk umum pada tahun 1891, setelah bangunan rumah kaca selesai direnovasi. Kebun ini mengalami kerusakan yang cukup parah ketika terjadi Perang Dunia I, dimana area tersebut diduduki oleh tentara Jerman, serta pada Perang Dunia II dikarenakan pengeboman oleh tentara Sekutu maupun Nazi.

Di dalam kebun tersebut ada sebuah museum botani yang terdapat di gedung tipe Brâncovenesc, yang lokasi berdekatan dengan pintu masuk. Di dalam museum tersebut dipamerkan tidak kurang dari 5,000 spesies tanaman, termasuk 1,000 tanaman-tanaman eksotis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.