Kaum Saba'

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prasasti penduduk Saba yang ditujukan kepada dewa bulan Almaqah, menyebutkan lima dewa bangsa Arab Selatan, dua penguasa yang memerintah dan gubernur pada abad ke-7 SM
Al Bayda' (Nashqum kuno, kerajaan Saba). Pada abad ke-6 - 5 SM. Berada di Museum Louvre

Kaum Saba' atau Sabæ (bahasa Arab: السبأيين atau disebut juga sebagai Kaum Tubba[1]) adalah masyarakat kuno yang berbicara bahasa Arab Selatan Lama yang bemukim di tempat yang sekarang disebut Yaman, di barat daya Semenanjung Arab; dari 2000 SM hingga abad ke-8 SM. Sebagian kaum Saba juga tinggal di D'mt, yang terletak di utara Ethiopia dan Eritrea, karena hegemoni mereka mereka melampaui Laut Merah[2].

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Saba' yang digunakan sebagai nama kaum dan kerajaan diambil dari nama raja pertama, yaitu Saba' bin Yasjib bin Ya'rib bin Qahthận.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Al-Qur'an: "Apakah mereka (kaum musyrikin) yang lebih baik ataukah kaum Tubba' dan orang-orang yang sebelum mereka. Kami telah membinasakan mereka karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berdosa." (Surah Ad-Dhukaan 44:37)
    Kaum Tubba' ialah orang-orang keturunan Himyar bin Saba' di Yaman dan Tubba' adalah gelar raja-raja mereka.
  2. ^ Stuart Munro-Hay, Aksum: An African Civilization of Late Antiquity, 1991.
  3. ^ "Muhammad Sang Nabi - Penelusuran Sejarah Nabi Muhammad Secara Detail", Bab I Kondisi Geografi-1, Kaum Saba' dan Himyar Membuat Bendungan di Padang Pasir, hal. 12 karya Omar Hashem.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]