Kati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kati
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Nama Indonesia
Indonesia: kati
Nama Jepang
Kanji:
Hiragana: きん
Nama Korea
Hanja:
Nama Melayu
Melayu: kati
Nama Vietnam
Vietnam: cân
Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau simbol lain, selain karakter yang dimaksud.

Kati adalah satuan berat tradisional yang sepadan dengan beban berat 6+14ons yang ditimbang dan diukur menggunakan alat kati atau katian. [1] Satuan kati masih digunakan secara informal untuk menimbang barang dagang, makanan, bahan makanan dan barang-barang lainnya di beberapa pasar tradisional, pasar jalanan, dan toko-toko di pulau Jawa, Indonesia dan di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara lainnya.

Masyarakat asia timur menyebut kati dengan 斤 (Bahasa Mandarin: Jin, bahasa Kanton: gan, bahasa Hokkien: kin atau kun, bahasa Jepang: kin (きん), dan bahasa Vietnam: can).

Definisi umum[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional dan informal, sekati setara dengan berat beban sebesar 1+16 pound, dan berbeda di tiap-tiap daerah seperti layaknya satuan-satuan tradisional lainnya, namun umumnya secara informal sekati didefinisikan dengan berat beban yang hampir sama, misalkan pada masyarakat Indonesia sendiri yang umumnya mendefisikan sekati setara dengan beban berat 6+14ons, [2] di Hong Kong secara informal didefinisikan dengan 604,78982 gram, [3] di Malaysia didefinisikan dengan 604,79 gram, [4] dan 604,8 gram di Singapura, [5] dan di beberapa negara sekati dibulatkan menjadi 600 gram seperti di Taiwan dan Thailand.

Berbeda dengan masyarakat di Tiongkok daratan yang mendefinisikan kati dengan berat beban yang dibulatkan menjadi 500 gram, satuan ini desebut dengan satuan kati pasaran atau (市斤, shijin) sedangkan umumnya masyarakat Tionghoa umumnya menyepadankan kati dengan satuan kilogram atau kati umum (公斤, gongjin).


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

* Pikul
Sepikul setara dengan 100 kati
* Tahil
Satu tahil setara dengan 37,8 g atau 1/16 kati

Referensi[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.