Katherine dari Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katherine dari Bayern
Adipati Wanita Guelders dan Jülich
Periode1531 - 1547
Kelahiran1361
Kematian1400
Hattem
WangsaWangsa Wittelsbach
AyahAlbert I, Adipati Bayern
IbuMargaret dari Brieg
PasanganEdward dari Guelders
William I dari Gelders dan Jülich

Katherine dari Bayern (lahir 1361–1400, Hattem), merupakan putri sulung Albert I, Adipati Bayern dan istri pertamanya Margaret dari Brieg.[1] Ia merupakan Adipati Wanita Guelders dan Jülich melalui pernikahannya dengan William I dari Gelders dan Jülich.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Katherine merupakan anak sulung dari ketujuh anak yang lahir dari orangtuanya. Ia dan saudara-saudaranya semuanya hidup sampai dewasa. Saudara-saudaranya termasuk: Joanna dari Bayern; istri Wenceslaus, Raja Romawi, Margaret dari Bayern; istri John sang Pemberani, William II, Adipati Bayern, Albert II, Adipati Bayern, John III, Adipati Bayern dan Joanna Sophia dari Bayern; istri Albert IV, Adipati Austria dan ibu Albert II dari Jerman.

Eyang maternal Katherine Ludwik I yang Tampan dan Agnes dari Głogów. Eyang paternalnya adalah Louis IV, Kaisar Romawi Suci dan Margaret II, Comtesse Hainault.[2]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Katherine dijodohkan pada tahun 1368 dengan Edward, Adipati Guelders, putra Reginald II dari Guelders dan Eleanor dari Inggris.[3] Bagaimanapun juga, Edward meninggal ketika Katherine hanya berusia 10 tahun.

Katherine kemudian menikah pada tahun 1379 dengan William I dari Gelders dan Jülich, putra William II, Adipati Jülich. Suaminya adalah keponakan Edward.

Pernikahan ini tidak menghasilkan keturunan dan Katherine meninggal pada tahun 1400, meninggalkan William menjadi seorang duda. William meninggal dua tahun kemudian setelah kematian Katherine dan kedudukannya diwariskan kepada saudaranya, Reinald IV, Adipati Guelders dan Jülich.

Sililah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katharina von Wittelsbach
  2. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Hainaut
  3. ^ "Genealogie-Mittelalter.de". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-29. Diakses tanggal 2011-09-27.