Katarina dari Siena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Katarina)
St. Katarina dari Siena, T.O.S.D.
St. Catherine of Siena,
lukisan abad ke-19
Perawan, Pujangga Gereja
Lahir(1347-03-25)25 Maret 1347
Siena, Republik Siena
Meninggal29 April 1380(1380-04-29) (umur 33)
Roma, Negara Gereja
Dihormati diGereja Katolik
Komuni Anglikan
Lutheranisme[1]
Kanonisasi1461, oleh Paus Pius II
Pesta29 April
AtributJubah biara Dominikan, bunga lili, buku, salib, hati, mahkota duri, stigmata, cincin, merpati, tengkorak, miniatur gereja, miniatur kapal dengan lambang Kepausan
Pelindungkebakaran, kesakitan fisik, Keuskupan Allentown - Pennsylvania, Eropa, penyakit, Italia, keguguran, orang yang diejek karena kesalehannya, godaan seksual, orang sakit, perawat
Ekstase St. Katerina dari Siena, lukisan karya Pompeo Batoni

Santa Katarina dari Siena (25 Maret 1347 – 29 April 1380) adalah seorang "tertiari" Ordo Dominikan (atau "hubungan-awam" Ordo Dominikan). Katarina adalah anak ke-24 dari 25 anak (saudara kembarnya, anak ke-23, meninggal pada sewaktu dilahirkan); orang tuanya Giacomo di Benincasa, seorang pewarna-baju, dan istrinya, Lapa.[2] Dia merupakan Santa dan Pujangga Gereja.[3]

Sebagai tertiari, Katarina tinggal di rumah dan bukan di biara, dan dia melakukan kesederhanaan.Dia terkenal karena puasa dan melakukan penahanan diri yang mungkin sekarang ini lebih dikenal dengan anorexia nervosa, begitu banyak sehingga pelajar Rudolph Bell belakangan ini menggunakan kehidupannya sebagai contoh dalam bukunya Anorexia Suci.

Pada sekitar tahun 1366 dia mengalami apa yang digambarkan dalam suratnya sebagai 'pernikahan mistik' dengan Yesus. Pada tahun 1370 dia menerima satu seri pandangan tentang neraka, purgatori, dan surga setelah dia mendengar sebuah perintah untuk meninggalkan kehidupannya yang tertinggal dan memasuki kehidupan publik di dunia. Dia mulai menulis surat kepada pria dan wanita dalam otoriter, terutama meminta untuk perdamaian antara republik dan prinsipalitas Italia dan untuk kembalinya kepausan dari Avignon ke Roma. Dia memiliki koresponden mendetail dengan Paus Gregorius XI, juga meminta dia untuk membentuk rohaniwan (clergy) dan mengatur "Negara Gereja".

Pada bulan Juni tahun 1376 dia pergi sendiri ke Avignon sebagai duta besar Florence untuk mencapai perdamaian dengan Negara Gereja, namun tidak berhasil. Dia membuat Paus begitu berkesan sehingga dia mengembalikan administrasinya ke Roma pada bulan Januari tahun 1377. Pada waktu terjadi Skisma Besar tahun 1378 dia menjadi pendukung Paus Urbanus VI, yang memanggilnya ke Roma di mana dia tinggal sampai kematiannya pada tahun 1380.

Paus Pius II mengkanonisasikan Katarina pada 1461. Suratnya dianggap sebagai kerja besar dari literatur awal Tuscan. Hari peringatannya adalah 29 April.

Santa Katarina juga merupakan santa pelindung sororiti Catholic America bersejarah, en [Theta Phi Alpha].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saints of the Week!". www.resurrectionpeople.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-16. Diakses tanggal 2015-05-11. 
  2. ^ Tony Lane. Runtut Pijar Sejarah Pemikiran Kristiani. 2005. Jakarta. Penerbit: BPK Gunung Mulia
  3. ^ "Proclamazione di Santa Caterina da Siena Dottore della Chiesa | Paolo VI". www.vatican.va (dalam bahasa Italia). 3 Oktober 1970. Diakses tanggal 6 Juni 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Wikisource Inggris memiliki teks asli yang berkaitan dengan artikel ini: Author:Catherine of Siena Kutipan tentang Catherine of Siena di Wikikutip Media terkait Saint Catherine of Siena di Wikimedia Commons