Kasus pemerkosaan massal Delhi 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kasus pemerkosaan massal Delhi 2012
Silent Protest at India Gate.jpg
Para pemrotes di Gerbang India, Delhi; menuntut tindakan pemerintah
Tanggal 16 Desember 2012
Waktu 9:54 pm IST (UTC+5:30)
Lokasi Delhi, India
Tuntutan Pemerkosaan, pembunuhan, penculikan, perampokan, penyerangan[1]

Sebuah kasus pemerkosaan massal (gang rape) di Delhi terjadi pada penghujung tahun 2012. Seorang pelajar magang fisioterapi perempuan[2] dipukuli dan diperkosa sekelompok orang di Delhi, India pada tanggal 16 Desember 2012, dan meninggal tiga belas hari kemudian saat menjalani perawatan gawat darurat lanjutan di Singapura karena kerusakan otak dan pencernaan akibat serangan yang terjadi. Sepulang menonton film pada sore hari di Delhi Selatan, perempuan tersebut dan teman laki-lakinya menaiki sebuah bus yang telah dibajak, yang disangka pasangan itu adalah bus umum.[3] Para penumpang lainnya adalah lima orang laki-laki yang merupakan teman pengemudi bus.[3] Keenam orang tersebut, yang termasuk si pengemudi, telah ditangkap dan didakwa atas serangan yang telah dilakukan itu.

Perempuan yang menjadi korban itu kemudian mendapat perawatan di Rumah Sakit Safdarjang dan menjalani beberapa pembedahan, serta dipasangi alat ventilasi mekanik. Pada tanggal 26 Desember, ia dipindahkan ke Singapura untuk perawatan yang lebih lanjut, di mana ia kemudian meninggal pada tanggal 29 Desember.

Peristiwa ini mendapat liputan secara internasional dan Badan PBB untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan mengutuk kejadian itu, dan menyerukan kepada Pemerintah India dan Pemerintah Delhi "agar melakukan semuanya yang dapat dilakukan untuk terjadinya reformasi yang radikal, memastikan terciptanya keadilan, dan menyebarkannya melalui pelayanan publik yang bersungguh-sungguh untuk membuat kehidupan perempuan lebih aman dan terjamin".[4] Protes besar-besaran berlangsung di Delhi, di mana ribuan pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan keamanan. Protes serupa juga terjadi di kota-kota besar di seantero India.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gardiner Harris (3 January 2013). "Murder Charges Are Filed Against 5 Men in New Delhi Gang Rape". The New York Times. Diakses 3 January 2013. 
  2. ^ "IAP condoles death of Delhi gang-rape victim". New Delhi: Zeenews.com. PTI. 29 Desember 2012. Diarsipkan dari aslinya tanggal 30 Desember 2012. Diakses 30 Desember 2012. 
  3. ^ a b Mandhana, Nikarika; Trivedi, Anjani (18 Desember 2012). "Indians Outraged by Account of Gang Rape on a Bus". The New York Times. Diarsipkan dari aslinya tanggal 30 Desember 2012. Diakses 30 Desember 2012. 
  4. ^ UN Women (20 December 2012). UN Women condemns gang rape of Delhi student. Siaran pers. Diakses pada 21 December 2012.