Kasus Jembatan Thor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Kasus Jembatan Thor"
Pengarang Arthur Conan Doyle
Seri Koleksi Kasus Sherlock Holmes
Tanggal terbit 1922
Klien Neil Gibson dan Grace Dunbar
Latar waktu 1900, according to William S. Baring-Gould
Penjahat

Kasus Jembatan Thor adalah kasus pembunuhan Sherlock Holmes, yang ditulis oleh Arthur Conan Doyle dalam buku Koleksi Kasus Sherlock Holmes.

Plot[sunting | sunting sumber]

Neil Gibson, Sang Raja Emas dan mantan Senator negara bagian sebelah barat, meminta Holmes untuk menyelidiki pembunuhan istrinya Maria dalam rangka membersihkan nama guru les anak-anaknya, Grace Dunbar, dari kejahatan. Segera muncul kabar bahwa pernikahan Mr Gibson tidak bahagia dan ia memperlakukan Maria, istrinya, sangat buruk. Dia telah jatuh cinta dengan istrinya ketika ia bertemu dengannya di Brazil, tapi dia segera menyadari bahwa mereka tidak memiliki kesamaan. Ia menjadi tertarik dengan Miss Dunbar, walau dia tidak bisa menikahinya, ia telah berusaha untuk menyenangkan hatinya dengan cara lain, seperti mencoba untuk membantu orang yang kurang beruntung dari dirinya.

Maria Gibson ditemukan tergeletak dalam genangan darah di Jembatan Thor dengan peluru menembus kepala dan surat dari guru les, yang setuju untuk melakukan pertemuan di lokasi itu, di tangannya. Sebuah revolver yang baru untuk menembak ditemukan dalam lemari pakaian Miss Dunbar. Holmes setuju untuk melihat situasi meskipun bukti memberatkan.

Dari awal, Holmes mengamati beberapa hal yang agak aneh tentang kasus ini. Bagaimana mungkin Miss Dunbar yang tenang dan rasional ketika merencanakan dan melaksanakan pembunuhan kemudian sembarangan menyimpan senjata pembunuhan di dalam lemari pakaiannya? Ada apa dengan gompalan putih di bagian dinding jembatan? Mengapa Mrs. Gibson menggengam erat surat dari Miss Dunbar ketika dia meninggal? Jika senjata pembunuhannya adalah salah satu pasangan pistol kembar, mengapa yang satunya tidak bisa ditemukan dalam koleksi Mr Gibson?

Holmes menggunakan kekuatannya deduksi untuk memecahkan kasus, dan mendemonstrasikan, menggunakan pistol Watson, bagaimana Mrs. Gibson terbunuh: Mrs Gibson, marah dan cemburu kepada Miss Dunbar, memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri dan membuat saingannya seakan-akan membunuhnya. Setelah mengatur pertemuan dengan Miss Dunbar yang meminta dia untuk meninggalkan jawabannya dalam surat, Mrs Gibson mengikat batu pada seutas tali ke ujung pistol, dan menembak dirinya sendiri, batu menarik pistol jatuh ke sisi jembatan; pistol yang ditemukan di lemari pakaian Miss Dunbar adalah pasangan dari pistol itu, yang telah ditembakkan di hutan sebelumnya oleh Mrs. Gibson, dan gompalan di jembatan itu disebabkan oleh pistol menghantam dinding saat ditarik oleh batu. Akhirnya, Holmes yang telah menyelesaikan kasus, meminta polisi untuk menemukan pistol Watson dan Gibson di danau.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Cerita ini diadaptasi oleh serial BBC dengan Peter Cushing pada tahun 1968. Episode itu sekarang hilang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stuart Douglas - www.thiswaydown.org. "Missing Episodes". missing-episodes.com. Diakses 2013-03-10. 

Link Wikisource[sunting | sunting sumber]