Garry Kasparov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kasparov)
Garry Kasparov
Garry Kasparov 2007
Nama lengkapGarry Kimovich Kasparov
Asal negara Rusia
GelarGrandmaster
Juara Dunia1985–2000
Rating tertinggi2851 (Juli 1999)

Garry Kasparov (Rusia: Га́рри Ки́мович Каспа́ров; lahir 13 April 1963) adalah grandmaster pecatur utama dunia dan mungkin manusia paling tangguh dalam bermain catur. Ia memiliki ELO rating tertinggi dengan nilai 2804 setelah sebelumnya sempat mencapai 2851 pada tahun 1991. Dia mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia catur pada 10 Maret 2005.

Awal kehidupan dan karier sebagai pecatur[sunting | sunting sumber]

Garry Kasparov lahir dengan nama Gari Weinstein di Baku, Azerbaijan dengan orang tua keturunan Armenia-Yahudi. Ia mulai serius mempelajari catur sejak usia dini. Saat usia 12 tahun, ayahnya meninggal, dan sejak saat itu ia mulai menggunakan nama keluarga ibunya. Ibunya, Klara adalah seorang wanita Armenia dengan nama keluarga Kasparian, yang dalam dialek Rusia disebut sebagai "Kasparov".

Garry Kasparov menjadi terkenal di dunia catur saat menyandang gelar grandmaster termuda di dunia pada jamannya. Debutnya dimulai pada tahun 1984 saat menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah. Saat mulai bertanding, Kasparov sempat tertinggal 5-0 dalam sebuah turnamen di mana pemenang yang terlebih dahulu mencapai angka 6 dinobatkan sebagai juara. Dalam pertandingan catur, satu kemenangan diberi nilai 1 sementara seri atau remis dan kalah tidak memperoleh nilai.

Pertandingan Catur Dunia tahun 1984 ini menjadi menarik, karena sekalipun sempat tertinggal, Kasparov berhasil mendekati Karpov setelah melewati tujuh belas kali remis. Beberapa pertandingan selanjutnya, Kasparov memenangi tiga pertandingan sehingga kedudukan menjadi 5-3 untuk keunggulan sementara di pihak Karpov. Pertandingan selanjutnya dihentikan oleh ketua FIDE saat itu, Florencio Campomanes dengan alasan stamina kedua pemain telah sangat menurun. Karpov sendiri sempat harus dirawat di rumah sakit. Pertandingan dilanjutkan beberapa bulan kemudian.

Juara Dunia[sunting | sunting sumber]

Pada pertandingan putaran kedua antara Karpov-Kasparov pada tahun 1985, diberlakukan standar baru di mana pemain yang terlebih dahulu mencapai angka 12.5 atau lebih dalam 24 pertandingan akan dinyatakan sebagai pemenang. Bila pertandingan berakhir dengan draw 12-12 maka gelar juara dunia akan tetap dipegang oleh Karpov sebagai juara bertahan. Kasparov memenangkan pertandingan putaran kedua ini dengan mengalahkan Karpov, dan selanjutnya dinobatkan sebagai juara catur termuda di dunia pada usia 22 tahun. Rekor juara catur termuda sebelumnya dipegang oleh Mikhail Tal saat ia mengalahkan Bothvinnik pada tahun 1960.

Setelah berhasil mengantongi gelar Juara Dunia, Kasparov selanjutnya berselisih dengan FIDE. Ia mendirikan sebuah organisasi serikat pecatur dunia dengan nama GrandMaster's Association (GMA), yang mewakili suara para pecatur dalam aktivitas di dalam FIDE.

Dipecat dari FIDE dan karier politik[sunting | sunting sumber]

Masalah Kasparov dengan FIDE berlangsung hingga tahun 1993, di mana penantang baru telah dipersiapkan oleh FIDE untuk menghadapi Kasparov Kejuaraan Dunia berikutnya. Kejadian menjadi sulit, karena baik Kasparov maupun Nigel Short sebagai juara dan penantang, sepakat untuk mengadakan pertandingan mereka di luar FIDE, yaitu di bawah naungan organisasi catur baru yang didirikan Kasparov bernama Professional Chess Association (PCA). Sebagai akibatnya, baik Kasparov maupun Short dikeluarkan dari keanggotaan FIDE. Pertandingan antara Kasparov dan Nigel Short yang berlangsung di London, dimenangkan oleh Kasparov.

Sebagai ganti Kasparov dan Short, FIDE menggelar pertandingan final "Kejuaraan Dunia" yang dilangsungkan antara Jan Timman dan juara dunia sebelumnya, Karpov. Pertandingan ini dimenangkan oleh Karpov. Sebagai hasilnya, pada saat itu terdapat dua juara dunia, yaitu Kasparov di bawah organisasi PCA, dan Karpov di bawah organisasi FIDE.

Pada tahun 1995, Kasparov mempertahankan gelar juara dunianya dengan mengalahkan juara catur asal India, Viswanathan Anand.

Setelah pensiun pada tahun 2005, Kasparov terjun ke dunia politik dan mendirikan Front Sipil Bersatu, sebuah gerakan sosial yang bertujuan mencegah Rusia kembali ke totalitarianisme. [1] Diarsipkan 2012-02-05 di Wayback Machine.

Catur melawan komputer[sunting | sunting sumber]

32 komputer simultan, 1985[sunting | sunting sumber]

Kasparov bermain melawan tiga puluh dua komputer catur yang berbeda di Hamburg, memenangkan semua pertandingan, namun dengan sedikit kesulitan.[1]

Deep Thought, 1989[sunting | sunting sumber]

Kasparov mengalahkan komputer catur Deep Thought di kedua pertandingan dua babak pada tahun 1989.[2]

Deep Blue, 1996[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 1996, komputer catur IBM, Deep Blue mengalahkan Kasparov dalam satu pertandingan dengan menggunakan kontrol waktu normal, di Pertandingan I, Deep Blue - Kasparov, 1996. Kasparov bangkit kembali dengan tiga kemenangan dan dua kali seri dalam lima pertandingan tersisa, dan memenangi pertandingan 4-2.

Deep Blue, 1997[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 1997, versi Deep Blue yang telah diperbarui mengalahkan Kasparov 3½–2½ dalam pertandingan enam babak yang sangat terkenal. Pertandingan ini bahkan masih berlanjut setelah lima babak tapi Kasparov kalah dengan cepat pada Pertandingan ke-6. Ini adalah pertama kalinya sebuah komputer pernah mengalahkan juara dunia dalam laga tanding. Sebuah film dokumenter dibuat tentang pertarungan terkenal yang berjudul Game Over: Kasparov and the Machine.

Kasparov mengklaim bahwa beberapa faktor membebani dia dalam pertandingan ini. Secara khusus, ia tidak memiliki akses ke permainan Deep Blue baru-baru ini, berbeda dengan tim komputer, yang dapat mempelajari ratusan buku Kasparov.

Setelah kekalahan, Kasparov mengatakan bahwa ia kadang-kadang melihat kecerdasan dan kreativitas yang mendalam dalam pergerakan mesin, menunjukkan bahwa pada game kedua, ada intervensi pemain catur manusia, yang bertentangan dengan peraturan. IBM membantah bahwa ia menipu, dengan mengatakan bahwa hanya pergerakan tangan manusia yang terjadi di antara permainan. Aturan yang diberikan kepada para pengembang untuk memodifikasi program di antara game, sebuah kesempatan yang mereka katakan bahwa mereka dulu berhasil mengatasi kelemahan dalam permainan komputer yang terungkap selama pertandingan berlangsung. Kasparov meminta hasil cetakan dari file log mesin namun IBM menolak, meskipun perusahaan tersebut kemudian menerbitkan log tersebut di Internet.[3] Beberapa saat kemudian, ada pendapat bahwa perilaku mesin yang dicatat Kasparov adalah akibat kesalahan dalam program komputer.[4] Meskipun Kasparov menginginkan pertandingan ulang yang lain, IBM menolak dan mengakhiri program Deep Blue mereka.

Kekalahan Kasparov terhadap Deep Blue mengilhami terciptanya permainan Arimaa.[5]

Deep Junior, 2003[sunting | sunting sumber]

Kasparov mengenakan kacamata 3D dalam pertandingannya melawan program X3D Fritz.

Pada bulan Januari 2003, ia terlibat dalam pertandingan kontrol klasik enam pertandingan dengan hadiah $1 juta yang diberikan sebagai Kejuaraan Dunia "Manusia vs. Mesin" FIDE, melawan Deep Junior.[6] Mesin ini mampu melakukan perhitangan tiga juta posisi per detik.[7] Setelah satu menang masing-masing dan tiga kali seri, semuanya berlanjut ke pertandingan terakhir. Setelah mencapai posisi yang layak Kasparov menawarkan hasil imbang, yang segera diterima oleh tim Deep Junior. Ditanya mengapa dia menawarkan undian tersebut, Kasparov mengatakan bahwa dia takut melakukan kesalahan.[8] Awalnya direncanakan sebagai acara tahunan, tetapi pertandingan tidak dilakukan lagi.

Deep Junior adalah mesin pertama yang mengalahkan Kasparov dengan warna hitam dan pada kontrol waktu standar.[9] Pada bulan Juni 2003, Mindscape merilis permainan komputer Kasparov Chessmate, di mana Kasparov sendiri terdaftar sebagai ko-desainer.

Pada November 2003, Kasparov juga bermain dengan program X3D Fritz menggunakan papan virtual, kacamata 3D dan sistem pengenalan suara. Kasparov memperoleh hadiah sebesar $ 175.000 setelah berhasil memenangkan pertandingan itu dengan hasil 2 kali menang, 1 kali kalah dan 2 kali seri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Chess Master and the Computer by Garry Kasparov". nybooks.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-02. Diakses tanggal 2 May 2015. 
  2. ^ Hsu, Feng-hsiung (2002). "Behind Deep Blue: Building the Computer that Defeated the World Chess Champion". Princeton University Press. ISBN 0-691-09065-3. 
  3. ^ "IBM Research - Deep Blue - Overview". 1 July 2008. Archived from the original on 2008-07-01. Diakses tanggal 2018-02-10. 
  4. ^ Roberts, Jacob (2016). "Thinking Machines: The Search for Artificial Intelligence". Distillations. 2 (2): 14–23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-17. Diakses tanggal 17 February 2017. 
  5. ^ Gary Stix; Frederik Joelving; Melinda Wenner (6 November 2009). "MIND Reviews: Brainy Gifts". Scientific American. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-28. Diakses tanggal 12 May 2012. 
  6. ^ "Kasparov vs Deep Junior in January 2003". ChessBase. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-26. Diakses tanggal 11 August 2007. 
  7. ^ "Kasparov: "Intuition versus the brute force of calculation"". CNN. 10 February 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-11. Diakses tanggal 11 August 2007. 
  8. ^ Shabazz, Damian. "Kasparov & Deep Junior fight 3–3 to draw!". The Chess Drum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-27. Diakses tanggal 11 August 2007. 
  9. ^ "Kasparov knows more about Deep Junior than we do". ChessBase. 15 February 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2013. Diakses tanggal 27 August 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]