Kartika Sari Dewi Soekarno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kartika Sari Dewi Soekarno
Kartika Sari Dewi Soekarno
Lahir 11 Maret 1967 (umur 47)
Bendera Jepang Tokyo, Jepang
Dikenal karena Putri dari Presiden Pertama Indonesia Soekarno

Karina Kartika Sari Dewi Soekarno (lahir di Tokyo, Jepang, 11 Maret 1967; umur 47 tahun) adalah putri dari pasangan mantan Presiden Indonesia pertama, Soekarno dan istrinya Ratna Sari Dewi Soekarno.

Sejarah hidup[sunting | sunting sumber]

Kartika dibesarkan di Paris, lalu bekerja sebagai wartawan televisi di Tokyo dan kemudian di biro periklanan di New York. Setelah itu, dia sempat bekerja di sebuah yayasan di Amerika Serikat sebelum mendirikan KSF (Kartika Soekarno Foundation) yang bertujuan untuk mengembankan pendidikan anak-anak di Indonesia. Ia menikah dengan Presiden Citibank Eropa, Frits Frederik Seegers yang berasal dari Belanda pada 2 Desember 2005[1].

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Karina dibesarkan oleh ibunya di Paris, Perancis. Karina kemudian meneruskan sekolahnya di Swiss. Setelah lulus, dia dan ibunya kembali ke Jepang dan Karina bekerja sebagai wartawan televisi di Tokyo. Saat ibunya pindah ke AS, Karina turut serta dan bekerja di biro periklanan di New York. Selama berada di AS, Karina juga pernah bekerja di sebuah yayasan swasta. Pengalamannya itu membuat Karina mendirikan yayasannya sendiri, yaitu Kartika Soekarno Foundation (KSF) yang bergerak di pendidikan dasar, kebudayaan, dan kesejahteraan ibu-anak Indonesia. Kantor pusat yayasan ini berada di Amsterdam, Belanda. [2].

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kartika Soekarno Menikah", Sinar Harapan, diakses 19 April 2008
  2. ^ Sumber: Kepustakaan Presiden-presiden Republik Indonesia: [1]]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]