Karotena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karotena memberikan warna oranye pada wortel dan berbagai buah-buahan serta sayuran lain.

Karotena adalah sekelompok senyawa yang sejenis yang memiliki rumus kimia C40H56.Karotena adalah pigmen berwarna jingga. Beberapa anggotanya terlibat dalam fotosintesis. Zat inilah memberikan warna jingga akar tunjang wortel dan banyak buah-buahan serta sayur-sayuran. Karotena adalah kelompok besar di dalam golongan senyawa penting karotenoid.

Secara biokimia, karotena terasuk dalam golongan terpena, yang disintesis secara biokimia dari delapan satuan isoprena. Ia dikenal dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alfa-karotena (α-karotena) dan beta-karotena (β-karotena). Gamma-, delta-, dan epsilon- (γ, δ, dan ε-karotena) juga dikenal dalam jumlah yang sedikit. Beta-karotena terdiri dari dua grup retinil, dan dipecah dalam mukosa dari usus kecil oleh beta-karotena dioksigenase menjadi retinol, sebuah bentuk dari vitamin A]. Karotena dapat disimpan dalam hati dan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, sehingga ia dapat dianggap sebagai provitamin.

Dalam sel tumbuhan, karotena ditemukan di dalam plastida tersendiri yang terpisah dari kloroplas, dan disebut kromoplas karotena. Organel ini tidak ditemukan pada selain tumbuhan hijau.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]