Karl Johann Kautsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karl Johann Kautsky
LahirKarl Johann Kautsky
16 Oktober 1854
Praha, Kekaisaran Austria
Meninggal17 Oktober 1938(1938-10-17) (umur 84)
Amsterdam, Belanda
EraFilsafat abad ke-19
KawasanFilsafat Barat
AliranMarxisme ortodoks
Minat utama
Filsafat politik, politik, ekonomi, sejarah
Gagasan penting
Epistemologi evolusioner, insting sosial, adaptasi aktif, hiperimperialisme

Karl Johann Kautsky (/ˈktski/; Jerman: [ˈkaʊtski]; 16 Oktober 1854 – 17 Oktober 1938) adalah filsuf, jurnalis, dan teoretikus Marxis Ceko-Austria. Dia diakui sebagai salah satu penyebar Marxisme ortodoks yang paling berwenang setelah kematian Friedrich Engels pada 1895 hingga pecahnya Perang Dunia I pada 1914.

Setelah perang, Kautsky adalah seorang kritikus yang vokal terhadap Revolusi Bolshevik, terlibat dalam polemik dengan Vladimir Lenin, Leon Trotsky, dan Joseph Stalin tentang sifat negara Soviet.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Karl Kautsky, lahir di Prague dari keluarga artistik dan kelas menengah, orang tuanya adalah Johann Kautsky (perancang pemandangan) dan Minna (aktris dan penulis). Keluarganya pindah ke Vienna ketika Kautsky berumur tujuh tahun. Dia mempelajari sejarah, filsafat, dan ekonomi di University of Vienna sejak 1874, dan menjadi anggota Partai Demokrat Sosial Austria (SPÖ) pada 1875. Pada 1880 dia bergabung ke kelompok sosialis Jerman di Zürich, yang didukung secara finansial oleh Karl Höchberg, dan yang menyelundupkan materi sosialis ke Jerman pada saat UU Anti-Sosialis berlaku (1878-1890).

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Pada 1883 Kautsky mendirikan Die Neue Zeit ("Zaman Baru"), di Stuttgart, yang menjadi mingguan pada 1890. Dia menyunting majalah tersebut sampai 1917; dari sini dia mendapat penghasilan tetap dan memungkinkannya untuk menyebarkan Marxisme.[1] Pada 1885-1890 dia menghabiskan waktu di London, di mana dia menjadi teman dekat Friedrich Engels. Posisinya sebagai teoretikus Marxis terkemuka menjadi pasti pada 1888, ketika Engels memberinya tugas mengedit tiga volume karya Marx, Theories of Surplus Value.[2] Pada 1891 dia bersama August Bebel dan Eduard Bernstein menulis Program Erfurt dari Partai Demokrat Sosial Jerman (SPD).

Menyusul kematian Engels pada 1895, Kautsky menjadi salah satu teoretikus Marxis paling penting dan berpengaruh, mewakili arus utama partai bersama August Bebel, dan menguraikan teori imperialisme Marxis. Ketika Bernstein menyerang posisi tradisional Marxis tentang perlunya revolusi pada akhir 1890-an, Kautsky mencelanya, berpendapat bahwa penekanan Bernstein pada fondasi etis sosialisme dapat memberi kesempatan kepada seruan aliansi dengan borjuis "progresif" dan pendekatan non-kelas.

Tahun-tahun perang[sunting | sunting sumber]

Pada 1914, ketika para wakil Demokrat Sosial Jerman di Reichstag mendukung perang, Kautsky (yang bukan wakil tetapi menghadiri pertemuannya) menyarankan untuk abstain. Kautsky mengklaim bahwa Jerman sedang mengobarkan perang defensif melawan ancaman Tsar Rusia. Namun, pada bulan Juni 1915, sekitar sepuluh bulan setelah perang dimulai dan ketika menjadi jelas bahwa perang akan terus berlangsung secara brutal dan merugikan, dia mengajukan permohonan bersama Eduard Bernstein dan Hugo Haase menentang pemimpin SPD yang pro-perang dan mengecam tujuan aneksasi pemerintah Jerman. Pada 1917 dia meninggalkan SPD dan berpindah ke Partai Demokrat Sosial Independen Jerman (USPD), yang menyatukan kaum sosialis yang menentang perang.

Setelah Revolusi November di Jerman, Kautsky menjabat sebagai Wakil Menteri Negara di Kantor Luar Negeri di dalam pemerintahan revolusioner SPD-USPD dan bekerja untuk menemukan dokumen yang membuktikan kesalahan perang Kekaisaran Jerman.

Polemik dengan Bolshevik[sunting | sunting sumber]

Kautsky dengan Demokrat Sosial Georgia, Tbilisi, 1920.
Barisan pertama: S. Devdariani, Noe Ramishvili, Noe Zhordania, Kautsky dan istrinya Luise, Silibistro Jibladze, Razhden Arsenidze;
Barisan kedua: sekretaris Kautsky, Olberg, Victor Tevzaia, K. Gvarjaladze, Konstantine Sabakhtarashvili, S. Tevzadze, Avtandil Urushadze, R. Tsintsabadze
Selebaran pembukaan Kautsky terhadap kekerasan revolusioner dari Revolusi Rusia, Die Diktatur des Proletariats (Kediktatoran Proletariat), pertama diterbitkan di Vienna pada 1918.

Setelah 1919, keunggulan Kautsky terus menurun. Pada 1920, ketika USPD pecah, bersama dengan kelompok minoritas, dia kembali ke SPD. Dia mengunjungi Georgia pada 1920 dan menulis buku tentang Republik Demokratik Georgia yang pada saat itu masih independen dari Rusia Bolshevis. Ketika diterbitkan pada 1921, Geogia telah sepenuhnya dipengaruhi oleh Perang Saudara Rusia, invasi Tentara Merah ke Georgia, dan Bolshevik telah membentuk Republik Sosialis Soviet Georgia. Pada 1924, di usia 70 tahun, Kautsky kembali ke Vienna bersama keluarganya, dan menetap sampai 1938. Pada saat peristiwa Anschluss, dia melarikan diri ke Cekoslowakia dan dari sana ke Amsterdam dengan menggunakan pesawat, di mana dia meninggal pada tahun yang sama.

Karl Kautsky tinggal di Berlin-Friedenau selama bertahun-tahun; istrinya, Luise Kautsky, menjadi teman dekat Rosa Luxemburg, yang juga tinggal di Friedenau. Sebuah plakat peringatan di mana Kautsky tinggal ada di Saarstraße 14.

Vladimir Lenin menggambarkan Kautsky sebagai "pembangkang" dalam pamflet klasik "The Proletarian Revolution and the Renegade Kautsky"; Kautsky sebaliknya mencela Lenin dalam karyanya pada 1934, Marxism and Bolshevism: Democracy and Dictatorship:

Bolshevik di bawah pimpinan Lenin, bagaimanapun, berhasil merebut kendali angkatan bersenjata di Petrograd dan kemudian Moskwa serta dengan demikian meletakkan dasar bagi kediktatoran baru yang menggantikan kediktatoran Tsaris sebelumnya.[3]

Baik Lenin dan Trotsky, bagaimanapun membela Revolusi Bolshevik sebagai pergolakan sosial yang sah dan historis seperti Revolusi Prancis, menyamakan diri mereka dan kaum Bolshevik dengan peran Jacobin, dan memandang "oportunisme" Kautsky dan tokoh-tokoh serupa sebagai sebuah fungsi "penyuapan sosial" yang berakar dari meningkatnya keintiman mereka dengan kelas-kelas mapan.

Kumpulan kutipan tulisan-tulisan Kautsky, Social Democracy vs. Communism, membahas pemerintahan Bolshevis di Rusia. Dia melihat kaum Bolshevik (atau Komunis) sebagai organisasi konspirasi yang memperoleh kekuasaan dengan kudeta dan memprakarsai perubahan revolusioner yang mana tidak memiliki dasar rasional ekonomi di Rusia. Alih-alih, masyarakat yang didominasi birokrasi berkembang, dan kesengsaraan yang melebihi permasalahan kapitalisme Barat. Dia menyatakan:

Turis-turis asing di Rusia berdiri sunyi dengan takjub di depan badan usaha raksasa yang dibuat di sana, seperti berdiri di depan piramid, misalnya. Jarang ada pemikirian yang terjadi di antara mereka tentang perbudakan, tentang penurunan harga diri manusia yang terkait dengan pembangunan badan usaha raksasa itu.[4]

Dan:

Mereka mengekstraksi cara untuk menciptakan kekuatan produktif material dengan menghancurkan kekuatan produktif paling esensial dari semuanya - manusia pekerja. Dalam kondisi mengerikan yang diciptakan oleh Piatiletka, orang dengan cepat binasa. Film-film Soviet tentu saja, tidak menunjukkan ini.[4]

Kematian dan warisan[sunting | sunting sumber]

Kautsky meninggal pada 17 Oktober 1938 di Amsterdam. Anaknya, Benedikt Kautsky [de] menghabiskan tujuh tahun di kamp konsentrasi; istrinya, Luise Kautsky meninggal di Auschwitz.[5]

Kautsky dikenal selain dari polemik anti-Bolshevik, dia juga menyunting dan menerbitkan karya Marx, Das Kapital, Volume IV (biasanya diterbitkan sebagai Theories of Surplus Value).

Karya dalam Bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

  • The Economic Doctrines of Karl Marx. (1887/1903)
  • Thomas More and his Utopia. (1888)
  • The Class Struggle. Daniel DeLeon, trans. New York: New York Labor News Co., 1899.
  • Communism in Central Europe at the Time of the Reformation. J.L. & E.G. Mulliken, trans. London: T.F. Unwin, 1897.
  • Forerunners of Modern Socialism, 1895.
  • Frederick Engels: His Life, His Work and His Writings. May Wood Simons, trans. Chicago: Charles H. Kerr & Co., 1899.
  • On The Agrarian Question (1899), Pete Burgess, trans. London: Zwan Publications, 1988.
  • The Social Revolution and On the Day After the Social Revolution. J. B. Askew, trans. London: Twentieth Century Press, 1903.
  • Socialism and Colonial Policy (1907)
  • Ethics and the Materialist Conception of History. John B. Askew, trans. Chicago: Charles H. Kerr & Co., 1909.
  • The Road to Power A.M. Simons, trans. Chicago: Samuel A. Bloch, 1909.
  • The Class Struggle (Erfurt Program). William E. Bohn, trans. Chicago: Charles H. Kerr & Co., 1909.
  • Finance-Capital and Crises (1911)
  • The High Cost of Living: Changes in Gold Production and the Rise in Prices. Chicago: Charles H. Kerr & Co., 1914.
  • The Guilt of William Hohenzollern. London: Skeffington and Son, n.d. (1919).
  • The Dictatorship of the Proletariat. H. J. Stenning, trans. London: National Labour Press, n.d. (c. 1919).
  • Terrorism and Communism: A Contribution to the Natural History of Revolution. W.H. Kerridge, trans. London: National Labour Press, 1920.
  • "Preface" to The Twelve Who Are to Die: The Trial of the Socialists-Revolutionists in Moscow. Berlin: Delegation of the Party of Socialists-Revolutionists, 1922.
  • Foundations of Christianity: A Study of Christian Origins. New York: International Publishers, 1925.
  • The Labour Revolution. H. J. Stenning, trans. London: National Labour Press, 1925.
  • Are the Jews a Race? New York: International Publishers, 1926.
  • Communism vs. Socialism. Joseph Shaplen, trans. New York: American League for Democratic Socialism, 1932.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gary P Steenson. ""Not One Man! Not One Penny!" German Social Democracy, 1863-1914". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 May 2008. Diakses tanggal 2007-07-27. 
  2. ^ Blackledge, Paul (July 2006). "Karl Kautsky and Marxist Historiography". Science & Society. 70 (3): 338. JSTOR 40404839. 
  3. ^ http://www.marxists.org/archive/kautsky/1934/bolshevism/index.htm
  4. ^ a b Kautsky, Karl. "Is Soviet Russia A Socialist State?". Social Democracy vs. Communism. 
  5. ^ Callinicos, A. Social Theory: a historical introduction.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Banaji, Jairus (January 1990). "Illusions about the peasantry: Karl Kautsky and the agrarian question" (PDF). Journal of Peasant Studies. 17 (2): 288–307. doi:10.1080/03066159008438422. 
  • Gronow, Jukka. On the Formation of Marxism: Karl Kautsky's Theory of Capitalism, the Marxism of the Second International and Karl Marx's Critique of Political Economy. [2015] Chicago: Haymarket Books, 2016.
  • Kołakowski, Leszek, Main Currents of Marxism. P.S. Falla, trans. New York: W.W. Norton & Co., 2005.
  • Salvadori, Massimo L. Karl Kautsky and the Socialist Revolution, 1880-1938. Jon Rothschild, trans. London: New Left Books, 1979.
  • Steenson, Gary P. Karl Kautsky, 1854-1938: Marxism in the Classical Years. Pittsburgh, PA: University of Pittsburgh Press, 1978.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]