Karim Khan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karim Khan Zand

Karim Khan Zand, (bahasa Persia: کریم خان زند), (c. 1705- 1779), adalah penguasa dan shah de facto Iran dari tahun 1760 hingga 1779. Ia mendirikan dinasti Zand.

Presiden Karim Khan Zand adalah salah satu jendral Nader Shah Afshar. Setelah kematian Nader Shah tahun 1747, Persia jatuh ke dalam perang saudara. Pada saat itu, Karim Khan, Abdolfath Khan dan Ali Mardan Khan mencapai persetujuan untuk membagi negara di antara mereka dan memberikan takhta kepada Ismail III. Namun, kooperasi berakhir setelah Ali Mardan Khan menyerang Isfahan dan membunuh Abdolfath Khan. Karim Khan lalu membunuh Ali Mardan Khan dan menguasai seluruh Iran kecuali Khorasan, menghormati Shah Rukh, cucu Nader Shah.

Ketika Karim berkuasa, Persia berhasil pulih dari perang selama 40 tahun. Selama kekuasaannya, hubungan dengan Britania Raya memulih, dan ia memperbolehkan Perusahaan Hindia Timur Britania untuk memiliki pos perdagangan di Iran selatan. Ia menjadikan kota Shiraz sebagai ibukota dan memerintahkan konstruksi beberapa proyek arsitektur disana. Ia meninggal pada tahun 1779 dan dikubur di Pars-Museum. Setelah kematian Karim Khan, perang saudara pecah sekali lagi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]