Karabiner 98k

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karabiner 98 Kurz
Karabiner 98k made in Czechoslovakia 530.jpg
Mauser Karabiner 98 Kurz
Tipe Senapan
Negara asal Jerman
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1935
Digunakan oleh Jerman, Belgia, Yugoslavia,
Vietnam Utara, Iran, Israel
Pada perang Perang Dunia II, Perang Vietnam,
Perang Enam Hari, Perang Yom Kippur
Sejarah produksi
Tahun 1935
Produsen Mauser
Diproduksi 1935–1945
Jumlah produksi Diatas 10 juta
Spesifikasi
Berat 3,7–4,1 kg
Panjang 1.110 mm
Panjang laras 600 mm

Peluru 7.92 x 57 mm (8 mm Mauser)
Kaliber 8 mm
Mekanisme Bolt-action
Rata² tembakan Sekitar 15 butir/menit
Kecepatan peluru 745 m/s
Jarak efektif 500 m
Amunisi Klip 5-butir dengan magazen internal

Karabiner 98k (biasa disingkat menjadi Kar98k atau K98k) adalah senapan bolt-action yang digunakan sebagai senapan standar infanteri oleh Wehrmacht Jerman mulai tahun 1935. Senapan ini merupakan hasil pengembangan dari serangkaian senapan yang dibuat oleh Mauser.

Garis besar[sunting | sunting sumber]

Karabiner 98k adalah senapan bolt-action buatan Mauser. Senapan ini menggunakan peluru 7.92 x 57 mm (dikenal juga dengan nama 8 mm Mauser) yang dimasukkan ke dalam magazen internal menggunakan sebuah stripper-clip. Senapan ini dikembangkan dari senapan-senapan Mauser sebelumnya, yaitu dari senapan Karabiner 98b, yang dikembangkan dari senapan Mauser Model 1898. Karena senapan ini lebih pendek dari karabin-karabin pada masa itu, senapan ini diberi nama Karabiner 98 Kurz, yang berarti Karabin Pendek Model 98.

Senapan ini dikenal memiliki akurasi yang baik, dengan jangkauan efektif sampai 500 meter. Oleh karena itu, senapan ini sering diberi bidikan teleskop dan digunakan sebagai senapan runduk. Dengan teleskop dan bila digunakan oleh penembak yang mahir, jangkauan efektif senapan ini bisa mencapai 800 meter. Senapan ini bisa dipasangi bayonet dan bisa digunakan untuk menembakkan granat dari ujung senapan (rifle grenade), tentunya menggunakan alat khusus. Pada tahun 1941 dimunculkan varian yang menggunakan popor lipat, untuk digunakan oleh tentara penerjun payung.

Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Pada Perang Dunia II, senapan Kar98k dipakai oleh seluruh bagian angkatan bersenjata Jerman. Senapan ini dipakai pada seluruh front di Eropa, Afrika Utara, Uni Soviet, Finlandia dan Norwegia. Kar98k hasil rampasan juga dipakai oleh pemberontak di negara-negara yang diduduki Jerman. Uni Soviet juga sempat memakai Kar98k pada dua tahun pertama invasi Jerman ke Uni Soviet, karena mereka kekurangan senjata infanteri.

Setelah Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Pada masa Perang Dunia II, Uni Soviet merampas jutaan senapan Kar98k, memperbaiki dan memodifikasinya pada tahun 1940an dan 1950an. Senapan ini disimpan untuk mengantisipasi kemungkinan perang dengan pihak Barat.

Pada masa Perang Dingin, senapan-senapan rampasan ini akhirnya dikirim ke gerakan-gerakan komunis dan Marxis di seluruh dunia. Penyediaan senjata gratis inilah yang bisa dilakukan Moskwa untuk mendukung gerakan-gerakan tersebut.

Contoh penyediaan Kar98k (dan senjata-senjata lainnya) adalah bantuan Soviet kepada negara komunis adalah pada Perang Vietnam. Uni Soviet memberikan senjata-senjata ini ke pihak Vietnam Utara, dan Viet Cong di Vietnam Selatan. Sejumlah Kar98k ditemukan digunakan oleh gerilyawan Viet Cong dan Tentara Vietnam Utara (NVA), bersama senjata-senjata Soviet seperti Mosin-Nagant, SKS, dan AK-47. Israel juga menggunakan Kar98k. Namun seperti biasanya, Israel menghapus simbol Nazi dan tanda-tandanya di senapan tersebut dan menggantinya dengan simbol bintang Daud.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]