Kaponan, Pakis, Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kaponan
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Magelang
Kecamatan Pakis
Kodepos 56193
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Kaponan adalah desa di kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Secara geografis desa terletak di lereng sebelah barat Gunung Merbabu. Bata-batas wilayahnya adalah:

Mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar pertanian berladang. Hasil pertanian yang didapatkan diantaranya sayur-sayuran dan palawija. Sebagian besar masyarakatnya beragama Islam yang taat. Dan sebagian masyarakat lainnya beragama nonislam.

Kaponan merupakan tempat strategis jalur wisata dari Magelang - Kopeng - Ketep dan dengan dijadikannya Gunung Merbabu menjadi Taman Nasional sejak akhir tahun 2008 , maka terjadi perkembangan dan dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Merbabu.

Banyak harapan bagi masyarakat untuk lebih banyak infestor untuk datang ke Desa Kaponan. Banyak hal yang bisa dikembangkan di wilayah ini. Antara lain Pariwisata Alam,Hotel/Villa/Penginapan, Pertanian sayur mayur dan buah-buahan, serta peternakan Sapi Pedaging yang berkembang pesat dan sangat ditunjang oleh keadaan alam dan ketersediaan pakan yang melimpah.

Salah satu dusun di Kaponan bernama Dusun Kenanggan berpenduduk petani yang sekaligus juga tukang yang terampil. Pernah bekerjasama dengan JRS Indonesia dalam Program Respon Gempa Yogyakarta membangun 1600 unit rumah sementara dari bambu.

salah seorang penduduk Desa Kaponan adalah Agus Punk yang juga sebagai Ketua dari METRO ( Merbabu Trail Offroad ) yaitu perkumpulan/kelompok pengguna/pecinta trail di wilayah tersebut yang beanggotakan sekitar 70 orang dan terus bertambah,dia juga seorang tukang-seniman-mekanik yang terampil merancang sekaligus membuat,bukan hanya memodifikasi sepedamotor. Agus sudah membuat puluhan sepedamotor berjenis trail & trial yang sesuai dengan karakter alam Gunung Merbabu.