Kapal super

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SS Normandie (1935)

Sebuah kapal super (superliner) adalah kapal samudra yang bobotnya lebih dari 10.000 tonase daftar bruto (GRT). Istilah ini dicetuskan pada akhir abad ke-19, ketika ukuran dan kecepatan kapal-kapal samudra semakin meningkat. Kapal super adalah mode perjalanan antarbenua utama pada paruh pertama abad ke-20, ketika penumpang masih menyukai kapal besar dan cepat.

Sejumlah kapal super ternama meliputi RMS Titanic, RMS Lusitania, Kaiser Wilhelm der Grosse, RMS Mauretania, Ile de France, Normandie, SS France, RMS Queen Mary, RMS Queen Elizabeth, SS Andrea Doria dan SS United States.

Selama beberapa dasawarsa, RMS Queen Elizabeth 2 (QE2) beroperasi sebagai kapal super terbesar di dunia. Pada tahun 2004, Cunard meluncurkan RMS Queen Mary 2 (QM2), yang mengambil alih rute transatlantik dan menjadikan QE2 sebagai kapal pesiar, sehingga QM2 menjadi kapal super terbesar yang beroperasi saat itu. Dengan bobot 151.400 GT, kapal ini hampir lima belas kali lebih besar daripada kapal super pertama. Kapal ini memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk operasi kapal pesiar, dan memanfaatkannya di rute selain pelayaran transatlantik yang dipegang kapal-kapal super sebelumnya.

Freedom of the Seas dan Oasis of the Seas milik Royal Caribbean International telah menggantikan QM2 sebagai kapal penumpang terbesar di dunia yang masih beroperasi; keduanya dan kapal-kapal pesiar lainnya telah mengalahkan ukuran kapal samudra lintas samudra terdahulu. Bagaimanapun juga, Queen Mary 2 masih menjadi kapal samudra terbesar di dunia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]