Kapal riset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
HMS Beagle, kapal riset yang membawa Charles Darwin

Kapal riset adalah kapal yang didesain untuk membawa fasilitas penelitian hingga ke tengah lautan. Kapal riset memiliki peruntukannya masing-masing, dan peran tersebut menjadikan kapal riset memiliki beberapa jenis. Kapal riset juga dapat bekerja sama dengan jenis kapal lain, misal kapal pemecah es untuk mengarungi lautan es.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kapal riset telah ada sejak jaman penjelajahan oleh James Cook dengan kapalnya HM Bark Endeavour. Kapal ini memiliki kelengkapan yang dapat disebut dengan kapal riset menurut definisi sekarang. Di tahun 1766, Royal Society menyewa Cook untuk menjelajahi Samudera Pasifik untuk mengamati dan merekam perjalanan orbit planet Venus.[1]

Kapal riset oseanografi[sunting | sunting sumber]

NOAAS Ronald H. Brown, salah satu kapal riset oseanografi milik NOAA

Kapal riset oseanografi membawa peralatan yang dapat mengukur karakteristik fisik, kimiawi, dan biologi dari air dan udara di atmosfer serta kondisi iklim di atasnya. Termasuk di dalamnya adalah sonar gema untuk pembacaan hidrografi sederhana. Kapal ini juga membawa peralatan selam ilmiah dan kapal selam nirawak. Contoh kapal riset oseanografi adalah NOAAS Ronald H. Brown.

Kapal riset hidrografi[sunting | sunting sumber]

Geo Caspian, salah satu kapal riset seismografi

Kapal ini melakukan riset hidrografi dan survei hidrografi. Dari kapal ini, dihasilkan nautical chart yang digunakan sebagai navigasi bagi pelayaran sipil dan militer.

Peralatan penelitian yang dibawa diantaranya peralatan seismologi dasar laut untuk mensurvey kondisi geologi. Kondisi geologis yang mungkin didapatkan diantaranya ladang migas dan potensi tambang mineral bawah laut.

Kapal riset perikanan[sunting | sunting sumber]

FRV Dana, kapal riset perikanan Denmark

Kapal riset perikanan membutuhkan geladak yang dapat membawa berbagai alat penangkap ikan dan pengambil sampel air pada berbagai kedalaman, juga sonar untuk mendeteksi keberadaan ikan. Kapal riset perikanan seringkali dibangun dengan desain yang mirip dengan kapal penangkap ikan berukuran besar, namun ruang penyimpanan hasil tangkapan diganti menjadi ruang untuk laboratorium dan gudang peralatan. Dalam penamaannya, kapal riset perikanan memiliki awalan FRV yang memiliki arti Fisheries Research Vessel.

Kapal riset kutub[sunting | sunting sumber]

RV Laurence M. Gould, salah satu kapal riset kutub Amerika Serikat

Wilayah kutub merupakan wilayah yang sering diselimuti es sehingga seringkali kapal penelitian kutub memiliki badan serupa dengan kapal pemecah es. Kapal ini juga berfungsi sebagai pensuplai kebutuhan bagi penelitian di wilayah kutub.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Griffin, J.J. (ed) 1991. The Final Report of the Workshop on Scientific Shipboard Diving Safety to the National Science Foundation, University National Oceanographic Laboratory System, Graduate School of Oceanography Technical Report Number 90-04, Narragansett, RI, USA.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]