Kapal induk kelas Nimitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapal induk kelas Nimitz
USS Nimitz (CVN 68), kapal utama dari kelas kapal induk ini, sedang transit ke San Diego sebelum berlabuh di Naval Air Station North Island.
Tentang kelas
Nama:Kapal induk kelas Nimitz
Pembangun:Newport News Shipbuilding
Operator: Angkatan Laut Amerika Serikat
Didahului oleh:Kelas Kitty Hawk dan kelas Enterprise
Digantikan oleh:Kelas Gerald R. Ford
Biaya:US$10,1 Miliar (Rp156,62 Triliun)
Beroperasi:3 Mei 1975
Tentang kelas
Selesai:10
Aktif:10
Ciri-ciri umum
Jenis Kapal induk
Panjang 1.092 ft (333 m)
Lebar
  • 252 ft (77 m) (keseluruhan)
  • 134 ft (41 m) (garis air)
Sarat air 37 ft (11 m)
Pendorong 2 × Reaktor nuklir Westinghouse A4W (HEU 93,5%)
4 × Turbin uap
4 × poros 260.000 kapal (194 MW)
Kecepatan 30 knot (56 km/h; 35 mph)
Jangkauan Jarak tak terhingga; 20–25 tahun
Awak kapal
  • Awak kapal: 3.532
  • Unit udara: 2.480
Awak 5.000–5.200 (termasuk unit udara)
Senjata 2–3 × Sistem Peluncuran Rudal Terpandu Mk 29, masing-masing 8 × rudal RIM-162 ESSM atau RIM-7 Sea Sparrow
3–4 × Phalanx CIWS
2 × Sistem Peluncuran Rudal Terpandu Mk 49, masing-masing 21 × RIM-116 Rolling Airframe Missile
Sistem Senapan Mesin Mk 38 25 mm
Pesawat yang
diangkut
85–90 pesawat sayap tetap dan helikopter

Kapal induk kelas Nimitz adalah kelas sepuluh kapal induk bertenaga nuklir dalam pelayanan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy). Kelas kapal induk ini dinamai dari komandan Armada Pasifik Amerika Serikat, Laksamana Armada Chester William Nimitz, yang merupakan perwira Angkatan Laut AS terakhir yang memegang pangkat tersebut. Dengan panjang keseluruhan 333 m dan berat benaman lebih dari 100.000 ton, kapal induk kelas Nimitz menjadi kapal perang terbesar yang dibangun, hingga USS Gerald R. Ford beroperasi pada tahun 2017.[1]

Alih-alih menggunakan propulsi turbin gas atau diesel-listrik yang digunakan pada kebanyakan kapal perang modern, kapal induk ini menggunakan dua reaktor air bertekanan A4W yang mendorong empat poros baling-baling dan dapat menghasilkan kecepatan maksimum lebih dari 30 knot (56 km/jam) dan daya maksimum sekitar 260.000 shp (190 MW). Sebagai hasil dari penggunaan tenaga nuklir, kapal ini mampu beroperasi selama lebih dari 20 tahun tanpa pengisian bahan bakar dan diperkirakan memiliki masa kerja lebih dari 50 tahun. Mereka dikategorikan sebagai kapal induk bertenaga nuklir dan diberi nomor lambung dari CVN-68 sampai CVN-77.

USS Nimitz, kapal pertama di kelas ini ditugaskan pada 3 Mei 1975, dan USS George H.W. Bush, kapal kesepuluh dan terakhir dari kelas ini ditugaskan pada 10 Januari 2009. Sejak tahun 1970-an, kapal induk kelas Nimitz telah berpartisipasi dalam banyak konflik dan operasi di seluruh dunia, termasuk Operasi Cakar Elang di Iran, Perang Teluk, dan baru-baru ini di Irak dan Afganistan.

Dek penerbangan bersiku dari kapal induk menggunakan pengaturan CATOBAR untuk mengoperasikan pesawat, dengan katapel uap dan kabel penahan untuk peluncuran dan pendaratan. Selain mempercepat operasi dek penerbangan, hal ini memungkinkan variasi pesawat yang jauh lebih luas dibandingkan dengan pengaturan STOVL yang digunakan pada kapal induk yang lebih kecil. Carrier air group kapal induk ini terdiri dari sekitar 64 pesawat biasanya dikerahkan di atas kapal. Pesawat tempur sayap udara utamanya adalah F/A-18E dan F/A-18F Super Hornet. Selain pesawat, kapal induk ini juga membawa persenjataan pertahanan jarak pendek untuk perang anti-pesawat dan pertahanan rudal.

Biaya per unit kapal induk kelas ini sekitar $8,5 miliar pada TA 2012,[2] sama dengan $10,1 miliar pada tahun 2021.[3]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Memiliki panjang keseluruhan 1.092 ft (333 m) dan beban benam sekitar 100.000-104.000 ton panjang (102.000-106.000 ton) [5] Mereka memiliki balok di permukaan air dari 135 ft. (41 m) dan lebar maksimum dek penerbangan mereka adalah 251 ft 10 hingga 257 ft 3 in (77,76 m ke 78,41 m) (tergantung varian). Perusahaan kapal dapat nomor hingga 3.200, tidak termasuk sayap pesawat dari 2,48.

Desain[sunting | sunting sumber]

Dipesan untuk melengkapi Kapal induk kelas Kitty Hawk dan kelas Enterprise, menjaga kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut AS setelah kapal induk yang lebih tua dinonaktifkan. Kapal-kapal itu dirancang untuk menjadi perbaikan pada sebelumnya kapal induk AS, khususnya kapal induk kelas Enterprise dan Forrestal, meskipun susunan kapal relatif mirip dengan kelas Kitty Hawk.di antara perbaikan desain lainnya, dua reaktor di operator kelas Nimitz mengambil ruang kurang dari delapan reaktor digunakan pada Perusahaan. Seiring dengan desain yang lebih umum membaik, ini berarti bahwa operator kelas Nimitz dapat membawa avtur 90% lebih dan 50% lebih persenjataan jika dibandingkan dengan kelas Forrestal.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Kesepuluh kapal induk kelas Nimitz dibangun antara tahun 1968 dan 2006 di Newport News Shipbuilding Company, di Newport News, Virginia, di drydock terbesar di belahan bumi barat, dermaga kering ke 12, yang sekarang sepanjang 2.172 kaki (662 m) setelah ekspansi baru-baru ini.

Sejak USS Theodore Roosevelt, semua kapal induk yang diproduksi dalam konstruksi modular (USS George H.W. Bush dibangun dari 161 'super-lift' modul). Ini berarti bahwa seluruh bagian dapat dilas bersama-sama dengan pipa dan peralatan listrik sudah dipasang, meningkatkan efisiensi. Menggunakan gantry crane, modul diangkat ke dermaga kering dan dilas. Dalam kasus bagian haluan, ini bisa lebih berat dari 1.500.000 pon (680 ton). Metode ini awalnya dikembangkan oleh Ingalls Shipbuilding dan meningkatkan tingkat kerja karena kebanyakan proses pelengkapan tidak harus dilakukan dalam batas lambung yang telah selesai dikerjakan.

Total biaya konstruksi untuk setiap kapal sekitar 4,5 miliar dollar AS.

Tenaga penggerak[sunting | sunting sumber]

Baling-baling pada kapal USS George Washington

Semua kapal kelas Nimitz ditenagai oleh dua reaktor nuklir A4W yang ditempatkan di kompartemen terpisah. Uap yang dihasilkan memutar empat poros baling-baling yang menghasilkan kecepatan maksimum lebih dari 30 knot (56 km/jam) dan daya maksimum 260.000 tenaga kuda rem (194 MW).[4] Reaktor ini menghasilkan panas melalui fisi nuklir yang memanaskan air. Ini kemudian dilewatkan melalui empat turbin yang digunakan bersama oleh dua reaktor. Turbin menggerakkan empat baling-baling perunggu, masing-masing dengan diameter 25 kaki (7,6 m) dan berat 66.000 pon (30 t). Di belakangnya terdapat dua kemudi dengan tinggi 29 kaki (8,8 m) dan panjang 22 kaki (6,7 m), dan masing-masing berbobot 110.000 pound (50 metrik ton).[5]

Persenjataan[sunting | sunting sumber]

USS Theodore Roosevelt menembakkan rudal RIM-7 Sea Sparrow. Di sebelah kiri tampak Phalanx CIWS.

Kapal ini membawa persenjataan untuk melawan rudal dan pesawat musuh. Persenjataan ini terdiri dari dua atau tiga peluncur rudal RIM-7 Sea Sparrow NATO atau RIM-162 Evolved SeaSparrow Missile Mk 29 yang dirancang untuk pertahanan terhadap pesawat dan rudal anti-kapal, serta tiga atau empat Phalanx CIWS 20 mm. USS Ronald Reagan tidak memiliki persenjataan ini, namun dibangun dengan Sistem Peluncuran Rudal Terpandu Mk 49 untuk RIM-116 Rolling Airframe Missile, dua di antaranya juga dipasang di USS Nimitz dan USS George Washington.

Sistem pertahanannya lainnya adalah empat peluncur umpan MK36 Sippican SRBOC (super rapid bloom off-board chaff), yang menyebarkan suar inframerah dan sekam untuk mengganggu sensor rudal musuh; sistem pertahanan torpedo SSTDS; dan sistem penanggulangan torpedo AN/SLQ-25 Nixie. Kapal induk juga menggunakan sistem jamming dan penipuan Radar AN/SLQ-32(V) untuk mendeteksi dan mengganggu sinyal radar musuh selain kemampuan peperangan elektronik dari beberapa pesawat di dalamnya.

Dek penerbangan dan fasilitas pesawat[sunting | sunting sumber]

F/A-18C lepas landas dari USS George H.W. Bush dengan katapel

Dek penerbangan bersudut sembilan derajat memungkinkan pesawat diluncurkan dan didaratkan secara bersamaan. Sudut dek penerbangan ini juga meningkatkan aliran udara di sekitar kapal induk. Empat katapel uap digunakan untuk meluncurkan pesawat sayap tetap, dan empat kabel penahan digunakan untuk menahan pesawat yang mendarat. USS Ronald Reagan dan USS George H.W. Bush masing-masing hanya memiliki tiga kabel penahan, karena kabel keempat jarang digunakan pada kapal sebelumnya sehingga dianggap tidak perlu.

Hanggar udara di bawah dek penerbangan

Pengaturan CATOBAR ini memungkinkan peluncuran dan pendaratan lebih cepat serta jangkauan pesawat yang jauh lebih luas yang dapat digunakan di kapal dibandingkan dengan kapal induk yang lebih kecil, yang sebagian besar menggunakan pengaturan STOVL yang lebih sederhana tanpa katapel atau kabel penahan. Operasi pesawat kapal dikendalikan oleh bos udara dari Primary Flight Control atau Pri-Fly. Empat elevator besar mengangkut pesawat antara dek penerbangan dan hanggar di bawah. Hanggar-hanggar ini dibagi menjadi tiga ruang dengan pintu baja tebal yang dirancang untuk membatasi penyebaran api.[6]

Carrier air wing[sunting | sunting sumber]

F/A-18 Hornet di dek penerbangan USS Harry S. Truman

Agar sebuah kapal induk dapat dikerahkan, ia harus memulai salah satu dari sepuluh Carrier Air Wings (CVW). Kapal induk dapat menampung maksimal 130 F/A-18 Hornet[7] atau 85–90 pesawat dari berbagai jenis, tetapi jumlah biasanya sebesar 64 pesawat.

Sayap udara kapal induk biasa dapat mencakup 24–36 F/A-18E/F Super Hornet sebagai pesawat tempur; dua skuadron 10–12 F/A-18C Hornet, dengan salah satunya sering disediakan oleh Korps Marinir AS (VMFA), juga sebagai pesawat tempur; 4–6 EA-18G Growler untuk peperangan elektronik; 4–6 E-2C/D Hawkeyes untuk pesawat peringatan dini (AEW), C-2 Greyhound digunakan untuk logistik (digantikan oleh MV-22 Osprey); dan Skuadron Helikopter Antikapal Selam 6–8 SH-60F dan HH-60H Seahawk. Kapal induk kelas Nimitz sebelumnya mengoperasikan F-4 Phantom, RA-5C Vigilante, RF-8G Crusader, F-14 Tomcat, S-3 Viking, EA-3B Skywarrior, EA-6B Prowler, A-7 Corsair II, dan A-6E Intruder.[8]

Kapal di kelasnya[sunting | sunting sumber]

Kapal Nomor lambung Dibuat Diluncurkan Diresmikan Pengisian bahan bakar dan perbaikan Pelabuhan asal Referensi
Subkelas Nimitz
USS Nimitz CVN-68 22 Juni 1968 13 Mei 1972 3 Mei 1975 1998–2001 Naval Station Everett, Everett, Washington (2011)
USS Dwight D. Eisenhower CVN-69 15 Agustus 1970 11 Oktober 1975 18 Oktober 1977 2001–2005 Naval Station Norfolk, Norfolk, Virginia [9]
USS Carl Vinson CVN-70 11 Oktober 1975 15 Maret 1980 13 Maret 1982 2005–2009 Naval Air Station North Island, San Diego, California [10]
Subkelas Theodore Roosevelt
Theodore Roosevelt CVN-71 31 Oktober 1981 27 Oktober 1984 25 Oktober 1986 2009–2013 Naval Air Station North Island, San Diego, California [11]
Abraham Lincoln CVN-72 3 November 1984 13 Februari 1988 11 November 1989 2013– Naval Station Norfolk, Norfolk, Virginia (2011) [12]
George Washington CVN-73 25 Agustus 1986 21 Juli 1990 4 Juli 1992 Naval Station Norfolk, Norfolk, Virginia [13]
USS John C. Stennis CVN-74 13 Maret 1991 11 November 1993 9 Desember 1995 Naval Base Kitsap, Bremerton, Washington [14]
USS Harry S. Truman CVN-75 29 November 1993 7 September 1996 25 Juli 1998 Naval Station Norfolk, Norfolk, Virginia [15]
Subkelas Ronald Reagan
Ronald Reagan CVN-76 12 Februari 1998 4 Maret 2001 12 Juli 2003 Yokosuka Naval Base, Yokosuka, Jepang [16]
USS George H.W. Bush CVN-77 6 September 2003 9 Oktober 2006 10 Januari 2009 Naval Station Norfolk, Norfolk, Virginia [17]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "List25 - Consistently Conciliating Curiosity". list25.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-07. 
  2. ^ "Aircraft Carriers - CVN". www.navy.mil (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-07. 
  3. ^ Johnston, Louis; Williamson, Samuel H. (2023). "What Was the U.S. GDP Then?". Measuring Worth. 
  4. ^ The encyclopedia of ships. Tony Gibbons (edisi ke-Pbk. ed). London: Amber Books. 2007. ISBN 978-1-905704-43-9. OCLC 516430596. 
  5. ^ "About Us". web.archive.org. 2010-12-03. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-03. Diakses tanggal 2023-01-10. 
  6. ^ "Salinan arsip". web.archive.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-02. Diakses tanggal 2023-01-10. 
  7. ^ "Wayback Machine" (PDF). web.archive.org. 2011-10-18. Archived from the original on 2011-10-18. Diakses tanggal 2023-01-10. 
  8. ^ Lambeth, Benjamin S. (2005). American carrier air power at the dawn of a new century. Santa Monica, CA: RAND, National Defense Research Institute. ISBN 978-0-8330-4096-1. OCLC 133159492. 
  9. ^ "USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-14. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  10. ^ "USS Carl Vinson (CVN-70)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-17. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  11. ^ "USS Theodore Roosevelt (CVN-71)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-01. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  12. ^ "USS Abraham Lincoln (CVN-72)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-11. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  13. ^ "USS George Washington (CVN-73)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-27. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  14. ^ "USS John C. Stennis (CVN-74)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-14. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  15. ^ "USS Harry S. Truman (CVN-75)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-23. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  16. ^ "USS Ronald Reagan (CVN-76)". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-17. Diakses tanggal 18 December 2009. 
  17. ^ "USS George H.W. Bush CVN-77". Naval Vessel Register. 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-17. Diakses tanggal 18 December 2009. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]