Kantor Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kantor Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta atau Arsip Jayakarta adalah kantor milik Pemda Provinsi DKI Jakarta yang berfungsi sebagai pengelola arsip milik pemerintah daerah maupun masyarakat umum, penyelenggara pembinaan dan pelayanan informasi kearsipan . Saat ini Kantor Arsip Daerah ( Arsip Jayakarta ) terletak dalam kompleks Taman Ismail Marzuki ( TIM ) Jl. Cikini Raya 73 Jakarta Pusat, didirikan di atas tanah seluas 1520 m2 dengan luas bangunan 6080 m2. Gedung Arsip Jayakarta berlantai 4 dibangun sesuai dengan persyaratan teknik kearsipan.

]] ]]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kantor ini terbentuk dengan nama Dinas Arsip dan Dokumentasi DKI Jakarta dalam rangka pelaksanaan tugas pokok di bidang kearsipan dan dokumentasi sebagai wadah tunggal kearsipan di daerah berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 396 Tahun 1977 tanggal 15 Juni 1977.

Sesuai perkembangan pemerintahan di daerah berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, organisasi kearsipan di tingkat Provinsi mengalami perubahan kewenangan yang semula hanya menangani arsip dinamis inaktif milik pemerintah daerah menjadi menangani arsip inaktif dan statis milik pemerintahan daerah dan arsip statis milik masyarakat umum ( badan usaha milik swasta, Organisasi Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Perguruan Tinggi Negeri / Swasta, Perorangan dan lain-lain).

Berdasarkan ketentuan pasal 184 Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2001 maka dibentuklah organisasi kearsipan tingkat Provinsi dengan nama Kantor Arsip Daerah ( sebagai perubahan Struktur Organisasi Kearsipan Tingkat Provinsi dengan nama Dinas Arsip dan Dokumentasi DKI Jakarta ), penjabaran tugas pokok dan fungsinya melalui Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 134 Tahun 2001 tentang organisasi dan tata kerja Kantor Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta tanggal 27 Nopember 2001.

Dalam rangka peningkatan pengamanan dan percepatan pelayanan kearsipan, Kantor Arsip Daerah telah membangun dan mengaplikasikan Sistem Informasi Manajemen Kearsipan ( SIMARS ). Kantor Arsip Daerah

Kepala Instansi pada 2007 adalah Ir. Gito Utomo Purnomo, MM dengan alamat Kantor Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat, Telp: (021) 31928107, Fax: (021)31922763, dan alamat email ka_arsip@jakarta.go.id

Ketentuan[sunting | sunting sumber]

  1. Kantor Arsip Daerah merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah di bidang kearsipan.
  2. Kantor Arsip Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Kantor yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah.
  3. Kantor Arsip Daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dikoordinasikan oleh Asisten Tata Praja dan Aparatur.

Tugas Pokok[sunting | sunting sumber]

Kantor Arsip Daerah mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan dan penyelenggaraan akusisi, pengolahan dan pelestarian serta pelayanan arsip sebagai sumber informasi.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

  1. Penyusunan rencana dan program di bidang kearsipan daerah.
  2. Pembinaan koordinasi di bidang kearsipan terhadap unit - unit kerja dilingkungan pemerintah daerah.
  3. Penelitian dalam upaya pengembangan sistem dan pelayanan informasi kearsipan daerah.
  4. Penilaian arsip inaktif dalam rangka penyusutan arsip.
  5. Penilaian dan akusisi arsip statis dalam rangka penyelamatan bahan pertanggung jawaban daerah.
  6. Penggalian dan penelusuran arsip dan dokumen kedinasan, swasta dan perorangan yang berhubungan dengan penyelenggaraan daerah serta perkembangan kota Jakarta.
  7. Penyelenggaraan hubungan kerjasama bidang kearsipan.
  8. Pengelolaan dukungan teknis dan administratif.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]