Kanisius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kata Kanisius merujuk ke Percetakan Kanisius. Untuk nama santo, Petrus Kanisius. Untuk nama institusi pendidikan di Jakarta, Kolese Kanisius.
Logo Kanisius.

Yayasan Kanisius adalah sebuah yayasan Katolik yang didirikan pada tahun 1918. Yayasan ini selain mengelola sejumlah sekolah, juga terkenal sebagai Penerbit Kanisius.

Penerbit Kanisius[sunting | sunting sumber]

Karya Penerbit Kanisius dimulai sejak 26 Januari 1922 dengan komitmen pemberdayaan bangsa melalui pendidikan. Dengan menyediakan buku-buku sekolah Kanisius berkembang dari tahun ke tahun. Kini karyanya meliputi berbagai bidang seperti: keagamaan, kepribadian, humaniora, teknologi dan juga pertanian.

Pada tanggal 26 Januasi 1922, lama sebelum kemerdekaan Indonesia, Canisius Drukkerij didirikan di pusat kota Yogyakarta. Kanisius berkomitmen pada upaya pemberdayaan bangsa melalui dunia pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Pada tahun 1926, Kanisius mencetak buku-buku bacaan dan bahan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan sekolah-sekolah rakyat. Pada tahun 1928, Canisius Drukkerij mencetak Tamtama Dalem dan Swaratama, surat kabar pergerakan untuk mendukung perjuangan kemerdekaan pemuda Indonesia.

Pada awal kemerdekaan Republik Indonesia, Canisius mendapat kepercayaan untuk mencetak ORI (Oeang Rakyat Indonesia). Penerbit dan Percetakan Kanisius, nama baru untuk Canisius Drukkerij, memberi mesin cetak yang lebih besar untuk memenuhi permintaan ini.

Kanisius telah lama memiliki reputasi sebagai percetakan berkualitas tinggi dan instalasi teknologi cekat offset pada tahun 1960-an menempatkan Kanisius pada posisi terdepan dalam industri percetakan di Indonesia.

Pada tahun 1970-an Kanisius mendefinisikan kembali misinya ke arah pemberdayaan rakyat dan mendorong pembelajaran mandiri dengan melakukan diversifikasi lini produk, yang berkisar dari buku keagamaan, pembelajaran mandiri, sejarah, budaya, bahasa, filsafat, sosiologi, manajemen, pertanian, teknologi tepat guna, samai buku-buku teks untuk TK sampai perguruan tinggi.

Jenis Buku[sunting | sunting sumber]

  • Buku Pendidikan: buku teks untuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi seperti ekonomi, sosiologi, budaya, pertanian, peternakan, seni, filsafat, bahasa dan lingusistik.
  • Buku Pengembangan Masyarakat: buku pertanian, hobi, keluarga, kepribadian, kesehatan, kewanitaan, rumah tangga, dan teknologi tepat guna.
  • Buku Keagamaan: buku-buku doa, liturgi, kitab suci, renungan, inspirasi, spiritualitas, sejarah gereja dan biografi santa-santo.

Penulis[sunting | sunting sumber]

Dalam dan luar negeri

Pranala luar[sunting | sunting sumber]