Kancilan bakau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kancilan bakau
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Pachycephalidae
Genus: Pachycephala
Spesies: P. cinerea
Nama binomial
Pachycephala cinerea
(Blyth, 1847)
Sinonim

Pachycephala grisola

Kancilan bakau (bahasa Latin: Pachycephala grisola) adalah spesies burung dari keluarga Pachycephalidae, dari genus Pachycephala. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangg dan memiliki habitat di hutan dataran rendah, hutan pesisir, hutan mangrove, hutan cemara, semak pantai, kebun karet, hutan sekunder, rumpun bambu, palem. tersebar sampai ketinggian 900 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Kancilan bakau memiliki tubuh berukuran sedang (14 cm). Tanpa ciri khas. Mahkota dan tengkuk abu-abu. Punggung, sayap, dan ekor coklat keabu-abuan. Dagu, tenggorokan, dada, dan sisi tubuh abu-abu muda. Perut keputihan. Iris coklat, paruh abu-abu tua, kaki abu-abu kebiruan. Pendiam, tidak mencolok dan sulit terlihat. Hidup sendirian atau berpasangan. Biasanya tinggal di puncak pohon. Lebih sering terdengar daripada terlihat.

Burung ini membuat sarang berbentuk cawan berdinding tipis, dari akar halus dan potongan rumput, pada cabang-cabang pohon atau bambu, pada ketinggian beberapa meter dari tanah. Telur berwarna putih, kuning tua, atau kemerahjambuan, berbintik coklat dan hitam, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Februari-Agustus.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • India tenggara, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Filipina, Sunda Besar.
  • Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara.

Referensi[sunting | sunting sumber]