Kamus Sejarah Swiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Edisi pertama dengan tiga jenis cetakan sesuai dengan bahasa daerah di Swiss

Kamus Sejarah Swiss adalah sebuah ensiklopedia tentang sejarah Swiss yang menyajikan berbagai berita-berita sejarah Swiss dari masa ke masa.

Ensiklopedia ini diterbitkan oleh sebuah yayasan di bawah pengawasan Akademi Ilmu Kemanusiaan dan Sosial Swiss (SAGW/ASSH) dan Lembaga Sejarah Swiss (SGG-SHH) dan didanai oleh hibah riset nasional. Dengan 35 karyawan di kantor pusatnya, yayasan tersebut melayani 100 penasihat akademis, 2500 sejarawan dan 100 penerjemah yang ingin ikut serta dalam penulisan ensiklopedia tersebut.

Edisi cetak[sunting | sunting sumber]

Ensiklopedia ini dicetak dengan tiga bahasa kebangsaan Swiss sekaligus: bahasa Jerman (Historisches Lexikon der Schweiz, HLS), bahasa Prancis (Dictionnaire Historique de la Suisse, DHS) dan bahasa Italia (Dizionario Storico della Svizzera, DSS). Cetakan pertama dengan 13 jilid diterbitkan pada 2002. Walaupun begitu, setiap tahunnya yayasan merencanakan untuk mencetak jilid-jilid tambahan.

Terdapat 40.000 judul yang dikelompokkan dalam:

  1. riwayat hidup;
  2. artikel tentang keluarga
  3. artikel tentang tempat (munisipalitas, kanton, bangsa lain, benteng, tanah bangsawan, biara, situs purbakala)
  4. artikel menjurus (peristiwa sejarah, lembaga, acara)

Edisi daring[sunting | sunting sumber]

Edisi daring telah tersedia sejak 1998. Edisi tersebut lebih mudah diakses, cuma-cuma, dengan semua artikelnya yang siap cetak, tetapi tidak terdapat ilustrasi. Edisi tersebut juga menyediakan 40.000 tema.

Lexicon Istoric Retic[sunting | sunting sumber]

Lexicon Istoric Retic (LIR) adalah bagian ensiklopedia yang disajikan dalam bahasa Romansh dengan jumlah dua jilid. Bagian tersebut terdiri dari tema-tema yang tidak tersedia dalam ketiga bahasa lainnya. Edisi daring juga tersedia untuk bagian tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]