Kamus Inggris-Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul depan Kamus Inggris-Indonesia.

Kamus Inggris-Indonesia adalah kamus dwibahasa yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama yang disusun oleh ahli bahasa dari Amerika Serikat yang bernama John M. Echols, dan ahli bahasa dari Indonesia yang bernama Hassan Shadily. Kamus ini terdapat puluhan ribu lema, tulisan fonetik yang mendampingi setiap lema untuk mengetahui cara pelafalan, penjelasan kelas kata, tambahan penjelasan arti kata berdasarkan disiplin ilmu tertentu, serta contoh pemakaian kata dalam kalimat untuk mempermudah pemahaman. Kamus ini sangat mempengaruhi perkembangan bahasa Inggris di Indonesia, sehingga bahasa Inggris di Indonesia lebih kental nuansa Amerika Serikat daripada bahasa Inggris Britania Raya. Hal ini menjadikan Indonesia berbahasa Inggris dengan dialek yang berbeda dengan negara-negara tetangga yang dipengaruhi oleh negara Inggris karena penjajahan seperti negara Malaysia dan Singapura.

Sejarah penerbitan[sunting | sunting sumber]

Sampul depan An English-Indonesian Dictionary.

Pada awalnya, Kamus Inggris-Indonesia berjudul An English-Indonesian Dictionary yang diterbitkan Cornell University Press. An English-Indonesian Dictionary pertama kali diterbitkan pada 1 April 1975.[1] Di Indonesia, PT Gramedia menerbitkannya dengan judul Kamus Inggris-Indonesia pada tahun 1977. Kamus Inggris-Indonesia telah direvisi hingga 29 edisi. Edisi terakhir adalah edisi XXIX yang cetakan pertamanya diterbitkan pada tahun 2010.[2]

Piranti lunak[sunting | sunting sumber]

Basis data yang bersumber dari kamus ini telah digunakan untuk beberapa piranti lunak komputer. Berikut ini adalah beberapa aplikasi populer yang memanfaatkannya:

  • Kamus yang dikembangkan oleh Ebta Setiawan.
  • Linguist yang dikembangkan oleh William D. Powell.
  • Kamusku yang merupakan kamus bahasa Inggris yang dikembangkan oleh Kodelukus untuk telepon cerdas dengan sistem operasi Android.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]