Kampung Rakyat Yangdong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Desa Bersejarah Korea: Hahoe dan Yangdong
Korea-Gyeongju-Yangdong.Village.jpg
Kampung Rakyat Yangdong

Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara Bendera Korea Selatan Republik Korea
Tipe Cultural
Kriteria iii, iv
Nomor identifikasi 1324
Kawasan UNESCO Asia-Pasifik
Tahun pengukuhan 2010 (sesi 34)

Kampung Rakyat Yangdong (경주양동민속마을), Wolseong adalah kampung tradisional yang terletak di antara kota Gyeongju dan Pohang, provinsi Gyeongsang Utara. Berjarak 16 km di sebelah utara Gyeongju, Kampung Yangdong berada di Kecamatan Gangdong, Kabupaten Wolseong.

Kampung ini berada di antara pertemuan aliran Sungai Hyeongsan dan Allak yang mengalir ke Laut Timur. Dapat dicapai dengan kereta api dan jalan tol. Dikelilingi perbukitan dan gunung. Gunung Seolchang di timur laut (95 m), Gunung Seongju (109 m) di sebelah tenggara.

Merupakan kampung utama dari marga Son dan Yi. Selain itu pada masa lalu, banyak marga berpengaruh yang berpusat di daerah ini seperti marga Yu, Oh, dan Jang.

Kampung Yangdong masih mempertahankan kehidupan tradisional dimana rumah-rumah bergaya tradisional (hanok) masih banyak berdiri. Beberapa di antaranya adalah rumah-rumah pribadi, vila dan pendopo yang dilestarikan sebagai harta nasional, objek penting, aset budaya provinsi dan monumen nasional. Bangunan tradisional bersejarah di sini adalah yang terbanyak ke-2 di Korea setelah di Kampung Rakyat Hahoe, Andong.

Sebanyak 15 rumah tradisional telah berusia lebih dari 500 tahun dan memperlihatkan ciri arsitektur masyarakat Gyeongsang. Warga Yangdong masih mempertahankan kehidupan tradisional berdasarkan norma-norma Konfusianisme.

Referensi[sunting | sunting sumber]