Kamen Rider Kiva (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sesuai judul serial ini. Kamen rider Kiva adalah tokoh utama pada serial Kamen Rider 2008. Kiva sendiri merupakan singkatan dari King of Vampire, atau Raja Vampir. Hal ini memang merujuk pada motif, desain, serta peran dari Kiva itu sendiri. Selain itu, dalam lafal jepang, Kiva atau kiba bisa dimaknai sebagai taring. Kiva dalam serial ini ada dua, yaitu Kiva sebagai protagonis utama dan Dark Kiva.

Asal kekuatan Kiva[sunting | sunting sumber]

Sesuai asal katanya yang berarti King of Vampire, Kiva memang kekuatan yang hanya dimiliki oleh Raja Fangire secara turun-temurun. Dengan memperbudak ras Kivat yang menjadi sumber utama kekuatan ini, seorang Raja dapat berubah menjadi Kamen Rider Kiva. Kivat Bat akan memnggigit tangan sang Raja dan mengalirkan Active Force ke dalam darah fangire-nya sehingga akan memberikan kekuatan Kiva. Hal yang sama juga terjadi pada Wataru. Karena kekuatan Kiva yang dimilikinya meski ia hanya setengah fangire, ia berpotensi menjadi Raja dan menggeser kakaknya yang merupakan Raja sah tapi tidak memiliki Kiva.

Bagaimana Wataru yang bukan keturunan Raja Fangire memiliki Kiva? Karena ibunya adalah seorang Queen. Jika Raja adalah pengguna kekuatan Kiva, maka Ratu adalah penyimpan atau pembawanya. Ratulah yang bisa memberikan Kiva pada penerus berikutnya jika Raja sebelumnya telah wafat. Dalam kekosongan itu, para fangire bisa jadi mengincar Kiva sebab Kiva sebenarnya dapat digunakan oleh sembarang fangire, hanya saja, yang sah dan berhak hanyalah seorang Raja. Namun, Queen memiliki dua orang anak, anak pertamanya adalah anak dari Raja terdahulu sedangkan anak keduanya adalah anak hasil hubungan terlarang dengan manusia. Yang sulung diwarisi kursi Raja secara sah namun yang bungsulah yang diberi Kiva. Jadi terjadi kemelencengan jalur dari yang semestinya.

Kiva yang diberikan kepada Wataru bukan Kiva yang sama dengan yang dimiliki Raja. Ras Kivat juga berkembang biak, dan yang diberikan ke Wataru adalah anak dari Kivat-nya Raja. Kivat yang memberikan kekuatan Kivat pada Raja adalah Kivat Bat 2nd, sedangkan Kivat yang memberikan kekuatan Kiva pada Wataru adalah Kivat Bat 3rd.

Wataru Kurenai[sunting | sunting sumber]

Wataru adalah satu-satunya orang yang dapat berubah menjadi Kamen Rider Kiva. Usianya 22 tahun.


Karakterisitik[sunting | sunting sumber]

Wataru adalah seorang pemuda yang tidak suka bersosialisasi. Ia juga sangat mejaga kebersihan dan serba higenis sehingga tidak suka bersentuhan dengan manusia. Untuk keluar rumah, ia mengenakan baju tebal, masker, kacamata gelap, topi, serta syal untuk menutupi wajahnya; persis seperti vampir yang menyebunyikan diri di siang hari. Cara jalannya mengendap-endap. Jika didekati orang yang penasaran dengan tingkah lakunya, ia akan merasa alergi, gugup, dan berlari kabur.

Tidak ada yang spesial darinya selain ia mahir bermain biola. Namun, justru itu yang setiap hari menjadi obsesinya sehingga ia tidak memedulikan hal-hal lain. Ia baru keluar rumah jika sedang butuh bahan untuk membuat biola. Bahan yang sesuai kriterianya pun sering tidak pada tempatnya, seperti pintu gereja, tulang ikan yang baru saja selesai disantap di warung makan, dan meja di depan kafe Maid’armour. Kemahirannya itu juga tidak pernah ditunjukkan di depan orang dan hanya dilantunkan di rumah sehingga tetangga-tetangganya sering protes dan menjulukinya Obaketaro, atau pemuda berhantu.

Dianugerahi kekuatan Kiva yang membuatnya harus menyelamatkan orang-orang dari fangire, ia akan menunaikannya dan setelah selesai ia bergegas pergi. Ia hanya melakukannya karena panggilan dan perintah dari Bloody Rose dan tidak pernah berpikir bagaimana dan mengapa ia memiliki kekuatan tersebut. Karena merasa itu sudah menjadi salah satu rutinitasnya sehari-hari, ia tidak punya alasan khusus mengapa ia bertarung. Begitulah ia hidup sehari-harinya. Awalnya memang begitu, tapi seiring waktu berjalan dimana ia bertemu banyak orang dan diajari untuk perlahan berubah, serta akhirnya mengetahui asal usul dan takdirnya, Wataru kemudian memandang dunia lebih luas.

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Sebagai tokoh utama yang berinteraksi dengan banyak tokoh lainnya, hal inilah yang membentuk dan juga memengaruhi perkembangan watak Wataru sepanjang cerita, mengapa ia bisa menjadi pemuda yang tertutup dan canggung sampai bagaimana ia bisa menjadi pribadi yang cocok mendapat predikat sebagai seorang pahlawan super.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

  • Ayah (Otoya Kurenai)

Sejak lahir, Wataru tidak pernah mengenal ayahnya. Ia tidak tahu apakah ayahnya masih hidup atau sudah meninggal. Yang ia tahu hanyalah bahwa ayahnya itu sudah lama menghilang dan tidak seorang pun tahu keberadaannya jika ditanya. Ia mengetahui sosok ayahnya hanya sebatas dari foto dan barang-barang peninggalan ayahnya, bahwa ayahnya adalah seorang maestro biola. Dari orang lain, Wataru malah mendapat gambaran bahwa ayahnya adalah seorang penipu ulung. Ia juga kaget mendapat warisan setumpuk hutang demi mengganti kerugian orang-orang yang ditipu ayahnya.

Untuk semakin mengetahui sosok ayahnya, Wataru yang memang mewarisi bakat memainkan biola pun belajar sendiri secara otodidak. Ia berharap dengan cara itu ia dapat merasakan jiwa ayah yang sangat dirindukannya, terutama saat memainkan bloody rose, biola spesial dan misterius buatan ayahnya. Karena terlalu sering belajar memainkan biola sampai berisik, tetangga-tetangganya sering komplain. Namun, tekniknya makin bagus dan lama-lama tetangga-tetangganya senang dengan indahnya melodi yang ia mainkan. Selain memainkan biola, Wataru juga belajar membuat biola sendiri dan ia pun sesekali mendapat pesanan karenanya. Ia ingin bisa membuat biola sehebat dan seindah bloody rose seperti ayahnya.

Sebagai seorang anak laki-laki yang tumbuh tanpa bimbingan dan arahan dari figur seorang ayah, Wataru menjadi kurang memiliki rasa percaya diri dan cenderung menjadi anak cengeng, lemah, serta penakut saat masih kecil sehingga sering dijahili, padahal Otoya sejatinya adalah orang yang benci penindasan dan akan menghajar siapa saja yang berani mengekang kebebasannya. Wataru juga kadang memendam masalahnya sendiri dan meringkuk di kursi, padahal Otoya adalah orang yang sangat terbuka dan apa adanya, bahkan terkesan ceplas-ceplos. Wataru juga sangat pemalu jika berkenalan dengan orang-orang baru, padahal Otoya adalah orang yang sangat antusias dalam menyambut orang, bahkan kadang rasa percaya dirinya berlebihan saat mengenalkan dirinya. Pokoknya kalau dibandingkan, seolah-olah mereka itu bukan ayah dan anak, sama sekali tidak ada kemiripan sifat selain bakat biola dan bakat jalan berjinjit seperti penari balet.

Akhirnya, Wataru mendapat kesempatan untuk pergi ke masa lalu. Ia tak pernah mengira bahwa ayahnya adalah Kamen Rider IXA generasi pertama. Ia juga melihat bagaimana sosok ayahnya yang selalu pantang menyerah dan berusaha kuat demi ibunya, wanita yang dicintai ayahnya. Hal itu menyadarkan Wataru bahwa kematian Mio juga karena ia lemah dan tidak tegas. Ia tidak tahan melihat bagaimana penderitaan ayahnya berjuang melawan King, tahu bahwa hal itulah yang merengut nyawa ayahnya sehingga mereka tak pernah bertemu di kemudian hari. Namun dari situ, sekembalinya ke masa kini, Wataru berubah menjadi lebih tegar dan kuat. Tanpa berubah menjadi Kiva, ia sanggup memukul mundur fangire yang melukai teman-temannya. Ia juga mampu mengambil keputusan sulit untuk menjadi King, demi menolong kakaknya.

  • Ibu (Maya)

Wataru tidak tahu bahwa ibunya seorang fangire, karena itulah meski menjadi Kiva pun dia tak pernah berpikiran terlalu jauh mengenai asal-usulnya. Ibunya memang tidak pernah cerita apapun perihal ayahnya maupun dirinya yang seorang fangire serta bahwa Wataru memiliki seorang kakak tiri dari suami sebelumnya.

Wataru sebenarnya sejak lahir kenyang kasih sayang oleh ibunya namun saat berumur sekitar 7 tahun, mendadak ibunya meninggalkannya sendirian di depan rumah ayahnya. Ia ingat bagaimana wajah sedih ibunya yang tak ingin berpisah seolah ibunya itu melakukan karena terpaksa. Wataru tak pernah tahu alasannya, ia hanya dipesan untuk sanggup bertahan hidup dan tumbuh menjadi anak laki-laki yang kuat. Sejak itu tak ada kabar dari ibunya lagi, apakah masih hidup atau sudah meninggal. Peristiwa itu berpengaruh bagi perkembangan mental dan karakter Wataru. Ia tentu saja kesepian dan serasa menjadi anak yatim piatu.

Namun, ternyata ibunya itu masih hidup. Setelah belasan tahun tidak bertemu, ia dipertemukan dengan ibunya oleh Taiga dan melihat bagaimana kondisi ibunya sangat rapuh tidak terawat di sebuah gua. Ia akhirnya tahu bahwa dirinya adalah manusia setengah fangire dan mengapa bisa mempunyai kekuatan Kiva. Dari situ Wataru mulai memahami takdirnya dan mengubah cara pandangnya. Ia kemudian mengungkapkan identitasnya pada Aozora, namun hal itu semakin membuat keadaannya semakin terjepit. Saat Wataru bingung memposisikan dirinya karena tekanan Shima dan Taiga, ibunya pun menasihati Wataru untuk tetap berpendirian teguh pada jalan yang sama dengan ayahnya. Wataru sangat menyayangi ibunya, dan selalu melindunginya jika ibunya itu diincar para fangire, sebagai konsekuensi akibat kehilangan status Queen karena mencintai ayahnya yang seorang manusia.

  • Kakak laki-laki (Taiga Nobori)

Taiga adalah kakak Wataru satu ibu. Ia merupakan fangire darah murni karena ayahnya adalah Raja Fangire dan mewariskan tahta King padanya. Saat masih bayi, ayah Taiga dikalahkan oleh ayah Wataru yang kemudian hidup dengan ibunya. Sejak kecil, ibunya tidak pernah cerita kalau Wataru memiliki kakak, ia baru tahu hal itu saat bertemu ibunya kembali. Ternyata sahabat yang pernah ia temui saat masih kecil itu adalah kakaknya. Saat kecil, Wataru yang cengeng dan lemah selalu dijahili oleh anak-anak sebayanya, dari situlah ia selalu ditolong Taiga. Namun, persahabatan tu hanya sebentar karena Taiga juga menghilang tanpa kabar.

Saat bertemu Taiga kembali yang sudah menjadi presdir D&P, Wataru terpukul karena Taiga adalah tunangan Mio. Namun ia gembira mengetahi Taiga adalah kakaknya, tidak terlalu terkejut, dan malah memilih mudur dari hubungan cinta segitiga tersebut. Ia juga tidak bergeming saat Mio lebih memilih dirinya dengan syarat membunuh Taiga. Wataru yang sejak awal netral sempat bimbang karena Taiga memintanya menjadi tangan kanannya. Taiga lalu menyuruh Bishop untuk memaksa menarik potensi darah fangire dalam diri Wataru agar menjadi fangire utuh dan melupakan manusia. Hal itu berhasil sehingga Wataru menyerang para pemburu dari Aozora yaitu Nago, Megumi, dan Kengo. Hampir menewaskan Megumi, Wataru kembali sadar. Peristiwa itu membuat Wataru mengunci diri di rumah dan tak ingin terlibat lagi dalam pertikaian fangire dan manusia.

Setelah berhasil bangkit karena bujukan Nago, Megumi, dan Kengo yang memaafkan kejadian waktu itu, Wataru pun memilih melawan Taiga. Saat itu, ia tak sengaja menghempaskan Mio yang berusaha melerai mereka. Setelah kembali dari masa lalu dan bertemu ayahnya, Wataru meminta Taiga menuntaskan masalah mereka. Saat itu, ia melihat bahwa Taiga sudah kehilangan kepercayaan dari Bishop. Bishop dengan pasukan fangire-nya yang dibangkitkan dari kematian, mengganggu pertarungan mereka dan lebih memfokuskan menyerang Taiga. Dari situ Wataru mencoba memahami kakaknya, apa yang selama ini sudah ditempuh kakaknya sebagai seorang Raja, dan bagaimana kakaknya itu dulu menjalani hidup yang lebih kelam darinya.

Demi kakaknya, ia pun berpura-pura mendeklarasikan diri sebagai Raja, memancing Bishop dan seluruh fangire untuk menyerangnya. Wataru sempat marah kakaknya itu berkata sudah membunuh ibu mereka, membuat mereka bertempur kembali, lalu ia merangkulnya, dan menjelaskan semua yang terjadi. Akhirnya mereka bertarung bersama-sama melawan King 1986, yang dibangkitkan Bishop sebagai musuh terakhir. Wataru berkata bahwa kali ini ia mau menjadi tangan kanan kakaknya, tentu saja untuk membangun kerajaan fangire yang baru, yang damai dengan manusia.

Teman[sunting | sunting sumber]

Berikut diurutkan dari yang pertama bertemu dan mengenal Wataru

  • Shizuka Nomura

Tidak banyak yang diketahui dari Shizuka dari mana asalnya dan bagaimana ia mengenal Wataru. Yang jelas, sejak awal cerita, Shizukalah satu-satunya teman Wataru yang paling memahami keadaannya yang aneh dan selalu serba higenis. Awalnya, Wataru hanya menunjukkan kebolehannya bermain biola pada Shizuka dan Shizuka juga menyukai permainan biola Wataru. Namun, karena desakan Shizuka yang selalu maju menghadapi omelan tetangga Wataru yang tidak suka permainan biolanya, Wataru akhirnya tidak malu untuk menunjukkan kebolehannya itu ke para tetangganya. Pertamanya sih masih gagal, tapi karena Shizuka terus menyemangatinya, lama-lama Wataru pun mulai percaya diri dan sukses memainkan biolanya di depan orang banyak. Karena kedekatan itulah, Wataru juga tidak keberatan untuk membiarkan Kivat Bat 3rd berkeliaran di sekitar Shizuka, apalagi Shizuka tidak pernah curiga dan menanyakan itu makhluk apa. Wataru pun mengajarkan biola pada Shizuka. Sikap Shizuka ke Wataru sebenarnya lebih cenderung seperti seorang ibu mengurus anaknya. Itulah yang dijawab Shizuka jika ditanya Megumi “Kamu siapanya Wataru?” Tidak jelas apakah Wataru menyukai Shizuka, sebaliknya Shizuka mudah cemburu jika Wataru dekat dengan cewek lain, termasuk Megumi pada awalnya.

  • Megumi Asou

Saat sedang mencari bahan untuk membuat biola, Wataru menganggap tulang ikan yang dimakan Megumi adalah kualitas terbaik. Bahkan, sesampainya di depan kafe Maid’armour, Wataru yang mau mencuri meja bertemu kembali dengan Megumi. Megumilah yang membuka semua aksesoris aneh Wataru dan menyuruhnya untuk tidak menggunakannya lagi. Megumi mengajarkan Wataru perlahan-lahan untuk menghilangkan alerginya, meski aslinya ia tetap pemalu. Mereka sering ngobrol di Kafe Maid’armour. Begitu akrabnya, Wataru yang sempat kehilangan kontrol karena darah fangire-nya diabangkitkan oleh Bishop kembali sadar setelah nyaris saja membunuh Megumi dengan Pedang Zanvat. Namun, ia yang takut sewaktu-waktu dapat mencelakai Megumi kembali kemudian memutuskan untuk mengunci diri di rumah. Untung saja, Megumi membantunya keluar dari situ.

  • Keisuke Nago

Salah satu penagih hutang yang ditipu Otoya ternyata adalah buronan Nago. Mengincar orang yang sama, Wataru pun berkenalan dengan Nago. Ia minta diajari untuk mendekati orang tersebut. Wataru yang selama ini membutuhkan figur seoran laki-laki yang dapat menjadi panutan, lalu mendaratkan keputusannya itu pada sosok Nago. Namun, lama-lama ia merasa salah memilih orang. Wataru melihat bagaimana Nago sebagai IXA tidak berbelas kasihan sedikit pun terhadap Omura, seorang fangire yang di mata Wataru (serta Otoya 22 tahun lalu) tidak jahat. Wataru kemudian ingin mengubah cara pandang Nago itu, termasuk bagaimana ia memandang Kiva, meski hal itu susah. Karena itu, Wataru tetap barusaha mengakrabkan diri dengan Nago. Akhirnya, saat Nago mengetahui identitas Wataru sebagai Kiva, perlahan sikapnya pun berubah.

  • Kengo Eritate

Seorang gitaris band IKEMENS (pria-pria tampan), Wataru bertemu secara tidak sengaja dengannya di sebuah taman karena mendengarkan Kengo bermain gitar. Wataru bingung karena baru pertama kali mendengarkan musik Rock yang sangat berbeda sekali dengan musik klasik yang sering ia mainkan, kemudian Kengo mengajaknya untuk bergabung dengan bandnya sebagai seorang bassist. dikisahkan pula Kengo sempat menjadi anggota sementara organisasi Aozora, disitu ia sempat terluka karena melawan fangire dengan senjata aneh yang biasa dipakai Megumi ataupun Yuri ibunya. Karena itu ia sempat masuk rumah sakit dan divonis oleh dokter bahwa ia tak akan bisa bermain gitar lagi, kenyataan itu dirahasiakan oleh Wataru yang tidak sengaja mendengarnya, namun Kengo malah marah besar mengetahui hal tersebut dan memutuskan persahabatan mereka. Kekecewaan mendalam Kengo menarik perhatian Shima untuk merekrutnya sebagai anggota Aozora sebagai Kamen Rider Ixa menggantikan Nago, awalnya memang Nago tidak tertarik kepada Kengo, namun setelah itu ia malah berbalik berbuat konyol dengan mendukung Kengo seperti yang sering dilakukan oleh Kengo dulunya. Lama kelamaan ia sadar bahwa memutuskan persahabatan dengan Wataru adalah hal yang konyol dan kemudian merekapun berbaikan, ia pun akur dengan Nago setelah kajadian itu.

Mio Suzuki/Queen Fangire 2008

Mio adalah cewek yang ceroboh dan pemalu. Mio adalah orang yang dicintai Wataru, demikian pula sebaliknya. Wataru tidak pernah menyadari bahwa mio adalah seorang ratu fangire yang ditugaskan untuk menghukum fangire yang mencintai manusia. Cinta merekapun terlarang, selain karena itu ternyata Mio juga merupakan calon istri dari Taiga, king fangire dan juga merupakan saudara tirinya.

Kamen Rider Kiva[sunting | sunting sumber]

Wujud/Bentukan[sunting | sunting sumber]

Wujud awal[sunting | sunting sumber]

Karena Wataru adalah fangire setengah manusia, wujud kivanya belum sempurna. Hal ini ditunjukkan dari rantai yang terpasang di tubuhnya. Warna dasarnya adalah merah. Salah satu rantai di kakinya akan terlepas saat mengeluarkan jurus tedangan mautnya. Kiva dapat melihat di kegelapan berkat visor di matanya yang disebut omnilens.

Garuru[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud kiva dengan kekuatan arm monster dari ras wolven yang bernama Jiro. Dalam wujud ini, omnilens dan warna dasar tubuh kiva berubah menjadi biru. Kekuatan wujud ini bergantung pada bentuk bulan, yang mana akan menjadi sangat kuat saat bulan purnama. Sesuai dengan karakteristik ras Wolven, keistimewaan wujud ini adalah gerakannya menjadi sangat cepat.

Bassha[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud Kiva dengan kekuatan arm monster dari ras Merman yang bernama Ramon. Dalam wujud ini, omnilens dan warna dasar tubuh Kiva berubah menjadi hijau. Keistimewaan wujud ini adalah Kiva menguasai pertempuran jarak jauh dan dapat menganalisis musuh untuk menemukan titik kelemahannya. Karena Merman adalah yang paling lemah dibandingkan dengan Wolven dan Franken, maka wujud ini juga membuat kekuatan tempur Kiva melemah.

Dogga[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud Kiva dengan kekuatan arm monster dari ras Franken yang bernama Riki. Dalam wujud ini, omnilens dan warna dasar tubuh Kiva berubah menjadi ungu. Keistimewaan wujud ini adalah daya tempurnya Kiva menjadi paling kuat jika dibandingkan dengan wujud asli maupun wujud Garulu atau Bassha. Namun Kiva kehilangan kecepatan sebagai gantinya.

Dogabaki[sunting | sunting sumber]

Singkatan dari Dogga-Garulu-Bassha-Kiva. Sesuai namanya, wujud ini terbentuk dari gabungan kekuatan keempatnya. Dalam wujud ini, lengan kiri Kiva berubah menjadi lengan Garulu, lengan kanannya berubah menjadi lengan Bassha, dan dadanya berubah menjadi dada Dogga. Wujud ini sangat kuat namun sangat berbahaya dan hanya boleh digunakan dalam waktu 5 menit untuk menghindari kekuatannya itu mengonsumsi dirinya sendiri.

Emperor[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud sempurna Kiva, atau wujud sebenarnya Kiva. Untuk membuka seluruh rantai di tubuhnya, Wataru mempergunakan Tatsulot. Tatsulot adalah naga kecil berwarna emas yang selama ini tertidur dan bersembunyi di langit-langit Kastil Dran. Wataru memanggilnya secara tidak sadar saat melihat Mio dalam bahaya dimana kekuatannya sebagai Kiva tidak cukup untuk menyelamatkannya. Dalam wujud ini, warna dasar Kiva berubah menjadi emas dan mengenakan jubah merah. Sebagai wujud asli, tentulah wujud Emperor ini jauh lebih kuat daripada wujud-wujud sebelumnya.

Flight[sunting | sunting sumber]

Wujud ini sebenarnya adalah wujud legendaris yang tidak sembarang Raja yang memiliki Kiva dapat mencapainya. Di kalangan fangire, wujud ini disebut Emperor Bat. Karena Wataru hanya setengah fangire, tidak dapat diketahui kapan dirinya dapat berubah menjadi makhluk ini. Wataru pertama kali berubah menjadi wujud ini saat menyempurnakan Bloody Rose dengan tambahan doanya sendiri. Saat berubah menjadi makhluk ini, kekuatannya tak bisa terkontrol, begitu juga dengan tubuhnya. Tapi Wataru juga memiliki darah manusia dimana kekuatan hatinya dapat mengurung kembali emperor bat.


Senjata[sunting | sunting sumber]

Garulu Saber[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud Jiro yang disegel oleh King 1986 dan karenanya, ia terpaksa tinggal di Kastil Dran. Namun, karena terikat perjanjian dengan Otoya, Garulu menjadi tambahan kekuatan bagi Kiva. Garulu Saber akan berubah menjadi pedang saat digegam kiva. Pedang ini hanya dipakai saat kiva dalam wujud Garulu atau Dogabaki.

Bassha Magnum[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud Ramon yang disegel oleh King 1986 dan karenanya, ia terpaksa tinggal di Kastil Dran. Namun, karena terikat perjanjian dengan Otoya, Bassha menjadi tambahan kekuatan bagi Kiva. Bassha Magnum akan berubah menjadi pistol saat digegam kiva. Pistol ini hanya dipakai saat kiva dalam wujud Bassha atau Dogabaki.

Dogga Hammer[sunting | sunting sumber]

Adalah wujud Riki yang disegel oleh King 1986 dan karenanya, ia terpaksa tinggal di Kastil Dran. Namun, karena terikat perjanjian dengan Otoya, Dogga menjadi tambahan kekuatan bagi Kiva. Dogga Hammer adalah senjata berbentuk palu raksasa. Senjata ini hanya dipakai saat kiva dalam wujud Dogga atau Dogabaki.

Pedang Zanvat[sunting | sunting sumber]

Adalah pedang yang dibuat dari batu iblis besar. Nama asli pedang ini adalah Imperial Blade. Zanvat adalah pedang yang hanya berhak disandang dan digunakan oleh Raja Fangire. Pada tahun 1986, pedang ini dibuang oleh King saat mengetahui istrinya selingkuh dengan Otoya. King melemparnya dan pedang ini tertancap di tembok ruang utama Kastil Dran sampai 22 tahun kemudian Riki menemukannya. Saat itu, Kiva berubah menjadi wujud flight dan pedang ini mencuat ke permukaan tembok setelah sekian lama terkubur seolah mendapat panggilan Kiva. Para Arm monster lalu memberitahukannya pada Wataru dan menyuruhnya mencabutnya. Namun, pedang ini memberikan efek negatif pada Wataru berupa bangkitnya darah fangire dalam dirinya dan membuatnya kehilangan kontrol. Untuk mengembalikan kesadaran Wataru, para Arms Monster mengubah wujud mereka menjadi sebuah segel yang disebut Zanvat Bat. Zanvat Bat ini melekat dalam gagang pedang sehingga Wataru dapat menggunakannya sebagai senjata. Sejak para Arms Monster berubah menjadi Zanvat Bat, mereka tidak pernah lagi memberikan tambahan bantuan dalam bentuk Garulu, Bassha, dan Dogga secara terpisah. Namun, setelah lama-kelamaan Wataru dapat mengontrolnya sendiri, mereka pun lepas.

Jurus[sunting | sunting sumber]

Darkness Moon Break[sunting | sunting sumber]

Adalah jurus tendangan maut Kamen Rider Kiva saat masih dalam wujud tak sempurna. Dalam jurus ini, rantai pada kaki kanan Kiva terlepas dan membuka segel kakinya. Saat melancarkan tedangan, langit berubah menjadi gelap atau siang berubah menjadi malam dan mem perlihatkan bulan purnama berwarna merah di belakang Kiva. Langit akan kembali kekeadaan semula setelah musuh hancur.

Garulu Howling Slash[sunting | sunting sumber]

Adalah jurus pamungkas saat Kiva dalam wujud Garulu. Dalam jurus ini, Kiva menggigit Garulu Saber dan menyeret musuh lalu mengharcurkannya dalam sekali tebas.

Bassha Aqua Tornado[sunting | sunting sumber]

Adalah jurus pamungkas saat Kiva dalam wujud Bassha. Dalam jurus ini, memanipulasi air yang membuat musuh terperangkap di tengah pusaran lalu menghancurkannya dengan tembakan Bassha Magnum bertubi-tubi.

Dogga Thunder Slap[sunting | sunting sumber]

Adalah jurus pamungkas saat Kiva dalam wujud Dogga. Dalam jurus ini, Kiva akan mengeuarkan petir yang menyerang musuh baru kemudian menghancurkannya dengan Dogga Hammer dalam sekali hantam.

Emperor Moon Break[sunting | sunting sumber]

Bloody Strike[sunting | sunting sumber]

Final Zanvat Zlash[sunting | sunting sumber]

Perlengkapan Lain[sunting | sunting sumber]

Kiva Belt[sunting | sunting sumber]

Peluit[sunting | sunting sumber]

Kiva sebenarnya hanya punya 6 peluit seiringnya waktu ia jadi punya 7 tapi di kantong pluitnya di sabuknya hanya terlihat 6 peluit saja.peluit - peluit kiva adalah garulu saber (bisa merubahnya menjadi gabungan kiva & garulu),bassha magnum (bisa merubahnya menjadi gabungan kiva & bassha) dogga hammer (bisa merubahnya menjadi gabungan kiva & dogga) ,Tehnik terakhir (Darkness Moon Break),Castle Dran (memanggil castil dran) ,Armor (untuk memanggil armor motor,tapi hanya ada pada 1 episode) , dan berubah menjadi emperor

Bloody Rose[sunting | sunting sumber]

Motor[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider (Dark) Kiva[sunting | sunting sumber]

Karena ada dua Kiva dalam serial ini, untuk membedakannya, Kiva yang muncul di episode belakangan disebut Dark Kiva. Nama ini juga merujuk pada karakter King 1986 yang jahat. Namun, sesuai kronologisnya pada tahun 1986, Dark Kiva adalah Kiva yang lebih dahulu muncul. King-lah sosok Kiva yang sebenarnya dikenal dan menjadi musuh besar Aozora. Karena itulah, meski Wataru sebagai Kiva sudah bertempur di pihak manusia, Aozora tetap menganggap Kiva sebagai ancaman.

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Ada tiga pengguna di sini. Pengguna aslinya adalah King 1986, namun seorang manusia biasa bernama Otoya sempat merebutnya untuk mengalahkan King, dan akhirnya Taiga sebagai pewaris King sebelumnya juga berhak menggunakannya.

King 1986[sunting | sunting sumber]

Adalah pengguna sah kekuatan kiva. Tak diceritakan sudah berapa lama ia menggunakan kekuatan ini.

Otoya Kurenai[sunting | sunting sumber]

Kivat Bat 2nd menghianati King karena lebih menyayangi Maya dan akan ikut ke mana pun Maya pergi, termasuk jika Maya memilih untuk bersama Otoya. Untuk itulah, Otoya meminjam kekuatan Kiva. Namun, Kiva adalah kekuatan yang diperuntukkan dan hanya bisa digunakan oleh ras fangire. Manusia akan tewas jika nekat menggunakannya. Sekali berubah menjadi Kamen Rider Dark Kiva saja sudah membuat Otoya lelah sempoyongan, apalagi Otoya sampai tiga kali menggunakannya baru bisa membunuh King. Kekuatan Kiva jelas merengut nyawa Otoya perlahan-lahan. Namun, Otoya rela menggunakannya demi bersama Maya.

Taiga Nobori[sunting | sunting sumber]

Sebagai pewaris King yang sah dari ayahnya, Taiga seharusnya mendapatkan kekuatan Kiva. Karena Kivat Bat 3rd sudah diberikan ke Wataru, maka Taiga berusaha mendapatkan Dark Kiva. Ia merebut kekuatan ini dengan paksa dari ibunya. Untuk selanjutnya, Taiga meninggalkan kekuatan Sagark, dan sebagai King sejati dia terus menggunakan Kiva.


Wujud[sunting | sunting sumber]

Dark Kiva berwarna dominan merah gelap. Omnilens-nya berwarna hijau. Jubahnya berwarna hitam.

Jurus[sunting | sunting sumber]