Kalimas, Randudongkal, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kalimas
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pemalang
Kecamatan Randudongkal
Kodepos 52353
Luas -
Kepadatan -

Kalimas adalah desa di kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.mayoritas masyarakat desa kalimas bermata pencaharian sebagai tani, karena desa kalimas di kelilingi banyak sungai. Kalimas terbagi menjadi tiga RW (Rukun Warga) RW 1 dan RW 2 berada di Kalimas, sedangkan RW 3 di Dukuh Kertadita.

Sejarah dinamakan desa kalimas konon katanya nenek moyang desa kalimas melihat ikan mas besar yang besarnya kurang lebih sebesar bantal tidur disungai kecil sebelah barat masjid Al-Mujahidin.

Kalimas merupakan salah satu desa termakmur di Randudongkal. Kalimas menjadi pusat perekonomian Randudongkal Utara karena terdapat sebuah pasar besar tempat berkumpulnya pedagang dari Desa Mangli, Kalitorong, Tanahbaya Kejene dan Kreyo. Pendidikan di Kalimas dapat dikatakan lengkap karena terdapat 2 TK, 3 SD Negeri, 3 MI Salafiyah, 1 SMP N 2, 1 MTs Salafiyah dan 1 MA AL-MIZAN. Pusat pengajaran keagamaan pun cukup lengkap dengan adanya PONPES Miftahul Mutallimin, TPQ salafiyah, Madrasah Diniyah dan berbagai pusat-pusat pengajian lainnya.

Kalimas terdiri dari komplek-komplek karang taruna sebagai berikut : Arduka, Arjen, Arjuna, Armada, Arkomas, ARK, Aregal, Arista, Armojong.

Kuliner khas Desa Kalimas yang cukup populer antara lain Kerupuk Keyel dan Slimpo.