Kalimalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kalimalang adalah sebuah kali atau sungai yg menyuplai air ke PAM (perusahaan air minum) untuk masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya, yang sekarang dijadikan jalan perniagaan. Jalan ini juga menjadi salah satu jalan perniagaan karena mencakup 6 kecamatan.

Berjarak 20 kilometer yang mulai dari kawasan Cawang sampai Bekasi. Jalan Kalimalang mulai dari Cawang Baru - Pondok Bambu - Cipinang Melayu - Pondok Kelapa - Lampiri - Transito - Sumber Arta - Jakapermai - Galaxi - Bumi Satria Kencana dan berakhir di Mall Metropolitan Bekasi. Sumber air baku Kalimalang ini berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta. Yang mengalir menelusuri Cikampek, Cikarang, Cibitung, Tambun dan Bekasi.

Istilah Kalimalang belakangan identik dengan jalannya yang berada di samping kali atau juga sebuah sungai yang tidak lazim, umumnya bentuk sungai itu dari hulu sampai hilir, atau dari pegunungan menuju ke laut, tetapi sungai / kalimalang ini bentuknya melintang dari waduk Jatiluhur di Purwakarta ke Halim, Jakarta tidak menuju ke laut, oleh karena itu di sebut kalimalang.

Permasalahan

Kemacetan lalu lintas yang sebenarnya merupakan sebuah hal yang lumrah namun tidak demikian di ruas jalan ini. Kemacetan yang amat sangat parah sudah merupakan menu wajib bagi setiap pengguna jalan ini. Kemacetan yang menurut penggunanya bagaikan di neraka ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya : jalan rusak parah, jalan berlubang, banjir di Cipinang Melayu, Traffic Light mati, Metromini mogok, Kecelakaan lalu lintas, dan lain-lain.

Untuk melihat informasi mengenai kalimalang dan daerah sekitarnya silahkan kunjungi link ini : http://kalimalang.info