Kalijoyo, Kajen, Pekalongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kalijoyo
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pekalongan
Kecamatan Kajen
Kodepos 51161
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Kalijoyo adalah desa di kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Kalijoyo merupakan salah satu di antara desa-desa lain di kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, yang kondisi geografisnya terdiri dari pertanian,perkebunan, ladang dan hutan lindung. Dengan demikian maka Desa kalijoyo dapat dikatakan sebagai kawasan agraris dan merupakan daerah produktif dikarenakan dekat kawasan hutan, baik hutan perkebunan maupun hutan lindung,yang dapat membantu persediaan pangan di wilayah Kalijoyo dan sekitarnya. Keindahan Desa Kalijoyo terwakili oleh luasnya kawasan, baik pertanian perkebunan dan hamparan hutan lindung serta barisan kaki-kaki bukit yang menghijau.Dengan sumber mata air yang melimpah,yang teralirkan dari sungai KALIKARANG yang konon fonemenal keindahannya,DITAMBAH adanya kedung curug dan curug bekelan.

Desa kalijoyo memiliki beberapa dusun antara lain : Padurekso, Karangglagah, Linggojoyo, Kalisalam, Kemandoran dan Pangempon.

Kondisi masyarakat[sunting | sunting sumber]

Walaupun Kalijoyo merupakan kawasan agraris yang cukup luas, namun penduduknya tidak semuanya menjadi petani. Ada juga yang berprofesi sebagai Hakim, Jaksa, Dokter, PEGAWAI NEGERI SIPIL, Guru,Tentara, Polisi,peternak, pedagang dan buruh di luar kota . Banyaknya masyarakat yang merantau ini dapat kita lihat dengan adanya perbedaan yang sangat mencolok pada saat Idul Fitri dan hari-hari biasa, karena umumnya masyarakat yang merantau ke luar daerah akan kembali pulang pada saat merayakan hari raya Idul Fitri. Para pemuda Desa Kalijoyo juga memiliki wadah yang digunakan untuk menuangkan apresiasi dan kreasinya. Anggotanya terdiri dari berbagai kalangan pemuda dan pemudi yang diambil dari perwakilan masing-masing RT. Dengan adanya organisasi ini sangat membantu dalam penyatuan dan penyebaran informasi-informasi di kalangan muda-mudi Kalijoyo. Selain itu juga sangat membantu dalam pelaksanaan program-program dari tingkat desa.Organisasi yang ada meliputi Karang Taruna, IPNU-IPPNU, MUSLIMAT-FATAYAT NU, Perhimpunan Remaja Masjid/Mushola dan lain sebagainya. Masyarakat Kalijoyo yang hampir 100 % muslim ini, memiliki 2 masjid dan 3 mushola. Layanan kesehatan / PUSTU juga tersedia, yang berada didekat Kantor Balai Desa Kalijoyo. Dimana PUSTU ini berada diatas tanah wakaf warga desa kalijoyo. Untuk sektor pertanian, para petani dapat memanfaatkan TIGA Penggilingan Padi yang ada untuk menghasilkan beras.

Tingkat pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin meluas membuat masyarakat Kalijoyo juga tidak menyepelekan pendidikan. Kesadaran akan pentingnya pendidikan inilah Desa Kalijoyo memiliki pelajar-pelajar dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA/Sederajat, D3 dan Perguruan tinggi Swasta maupun Negeri.Bahkan ada juga yang sudah mencapai jenjang Magister. Diharapkan pelajar-pelajar ini akan sangat berguna bagi masa depan Desa Kalijoyo, Agama, Bangsa dan Negara.

Terdapat fasilitas sekolahan didesa Kalijoyo,tiga sekolah dasar (SD): SDN Kalijoyo 01 (Kalisalam), SDN Kalijoyo 02 (Padurekso), SDN Kalijoyo 03 (Pangempon) yang letaknya strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Ada juga PAUD & TK yang tersebar dibeberapa tempat (Karangglagah, Kalisalam, padurekso). Guna meningkatkan proses penciptaan generasi pelajar yang berprestasi, Kalijoyo memiliki program unggulan yang didukung sepenuhnya oleh Aparat Desa, Tokoh Masyarakat dan Pelajar itu sendiri, yaitu dengan dikeluarkanya Perdes yang mengatur tentang jam-jam belajar dan jam-jam bermain pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA/Sederajat. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi masa depan mereka dan semestinyalah kita juga mendukung penuh program ini.

Bakat[sunting | sunting sumber]

Jika kita kaji lebih jauh sesungguhnya masyarakat Kalijoyo memiliki potensi yang sangat bervariasi dan dapat diandalkan. Dan tentunya akan mengangkat nama baik Kalijoyo di mata masyarakat luar. Dari bagian olah raga pun memiliki tim Sepak Bola yang sering sekali memenangkan pertandingan dengan tim-tim sepak bola dari luar. Pengrajin meubel banyak kita jumpai di Kalijoyo, baik pengrajin meubel individual maupun kelompok. Musik yang sedang trend saat ini telah melahirkan banyak pemusik Band, Dangdut, Gamelan dan MARAWIS/REBANA yang penampilanya sudah sangat eksis di masyarakat Kalijoyo dan sekitarnya. Sebagian masyarakat juga ada yang membuat ayak(reyeng) sebagai sambilan atau penghasilan tambahan. Peternak kambing, kerbau, bebek dan ayam juga menjadi salah satu bakat yang ada di masyarakat Kalijoyo. Masih banyak lagi bakat-bakat INDIVIDUAL lain seperti menjadi Tokoh Agama, Keahlian dibidang Otomotif, Teknologi Informasi dan lainya yang dapat kita jumpai. Umumnya masyarakat Kalijoyo yang berbakat tidak berada di Kalijoyo karena mereka menyalurkan bakat-bakat mereka di tempat pekerjaannya baik instansi pemerintah, sekolah, swasta / perusahaan-perusahaan tempat mereka bekerja. Menyikapi hal ini berarti masyarakat Kalijoyo telah siap untuk bersaing menjadi tenaga yang handal dan siap pakai di segala bidang.