Sungai Bogowonto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sungai Bogowonto atau Bhagawanta adalah sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang bermuara ke Samudera Hindia. Sungai ini berhulu di dataran tinggi di daerah Kedu dan merupakan satu dari dua sungai cukup besar di Jawa Tengah yang bermuara ke pantai selatan, selain Sungai Serayu.

Di Era Kerajaan Hindu-Buddha, sungai Bhagawanta merupakan batas alam antara Kerajaan Tarumanagara di sebelah barat dan Kerajaan Medang di sebelah timur.

saat ini sungai Bogowonto merupakan batas alam bagian barat bagi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan wilayah Bagelen (sekarang Kabupaten Purworejo). Bagian hilir daerah aliran sungai ini juga sering dilanda banjir pada musim penghujan.secara gografis sungai ini mengaliri 2kabupaten.yaitu kabupaten wonosobo dbagian hulu,dan kab.purworejo di selatan sebagai hilir.topo grafi aliran sungai ini sangat beagam.bnyak terdapat batu2 besar dan palung yg dalam.sungai ini juga berperan dalam sejarah perkembangan kota purworejo.krn di aliran sungai ini pernah dtemukan prasasti ttg kota purworejo.saat ini sedang dlakukan pengembangan dan ekplorasi sungai bogowonto ini untuk sarana kayaking dan arung jeram.ada 3 bendungan dsungai ini.bendung BORO,bendung penungkulan,bendung Guntur sebagai bendung paling atas.