Kakatua-raja Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kakatua raja Hitam
Probosciger aterrimus -Melaka Zoo-8a-2c.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Cacatuidae
Upafamili: Microglossinae
Genus: Probosciger
Kuhl, 1820
Spesies: P. aterrimus
Nama binomial
Probosciger aterrimus
Gmelin, 1788
Bird range palm cockatoo.png
subspecies

P. a. aterrimus
P. a. goliath
P. a. macgillivrayi
P. a. stenolophus

Probosciger aterrimus -head -captivity-8.jpg

Burung ini adalah burung yang berasal dari keluarga Cacatuidae. Dengan subfamilia Microglossinae.Burung ini memiliki nama ilmiah Probosciger aterrimus. Termasuk dalam keluarga kakatua dan burung beo. Burung ini berasal dari subfamili Microglossinae. Burung ini termasuk spesies yang dilindungi negara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Panjang burung kakatua raja hitam adalah 60 cm. Burung ini memiliki kulit pipi berwarna merah dan paruh besar berwarna kehitaman. Di kepalanya terdapat jambul besar yang dapat ditegakkan. Burung betina serupa dengan burung jantan[1].Di kepalanya terdapat jambul yang dapat ditegakkan[2]. Untuk membedakan yang jantan dan betina, yaitu berat yang betina antara 500-950 gram dan yang jantan 540-1100 gram[3].

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Kakatua raja hitam merupakan hewan asli pulau Papua dan Australia.Hewan ini biasanya ditemukan di kepulauan Aru, pulau Misool di bagian barat pulau Papua, Irian Barat, Selatan Papua Nugini dari Timur Marauke sampai teluk Papua, dan di Australia pada kawasan utara tanjung York Peninsula[4].

Makanan[sunting | sunting sumber]

Burung ini memakan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan tunas daun. Utamanya, mereka juga makan di pohon. Juga, kakatua raja hitam memakan biji dan buah-buahan yang jatuh ke tanah.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]