Kaisar Mun dari Balhae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mun dari Balhae (bertahta pada tahun 737–793) merupakan nama personal Dae Heummu, raja ketiga dan yang terlama memerintah di dalam Kerajaan Balhae, negara pewaris Goguryeo. Ia mewarisi tahta ayahnya Raja Mu, setelah kematiannya pada tahun 737.

Kaisar Mun dari Balhae
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 大欽茂 (文王)
Hanzi sederhana: 大钦茂 (文王)
Nama Korea
Hangul: 대흠무 (문왕)
Hanja: 大欽茂 (文王)

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Selama masa pemerintahan Dae Heummu, ikatan diplomatik dengan Dinasti Tang Cina didirikan, dan banyak pelajar pergi ke Cina untuk belajar, memperluas pengaruh Buddhisme dan Konfusianisme di pemerintahan Balhae. Ia juga menguatkan hubungan dengan Silla, yang mengunifikasikan Semenanjung Korea ke bagian selatan Balhae, mengawasi perkembangan rute perdagangan yang disebut Silla-do. Balhae juga meningkatkan diplomasi dan perdagangan dengan Jepang.

Dae Heummu memindahkan ibukota Balhae beberapa kali (Sanggyeong dan Donggyeong), menstabilisasikan dan menguatkan pemerintahan pusat atas berbagai suku etnik di dalam negerinya, yang berkembang untuk sementara waktu. Ia juga mengotorisasi pembuatan Jujagam (주자감, 胄子監), sebuah akademi nasional, berdasarkan akademi nasional Tang. Meskipun Cina mengakuinya sebagai raja, Balhae menyebut dirinya sebagai Daxing Baoli Xiaogan Jinlun Shengfa Raja yang Agung (大兴宝历孝感金轮圣法大王), Kedufu (可毒夫), Sengwang (聖王) dan Jixia (基下). Beberapa sejarawan Korea memanggilnya keturunan surga dan seorang kaisar.

Makam dari putrinya yang keempat, Puteri Jeonghyo, ditemukan pada tahun 1980. Batu nisan putrinya yang kedua, Puteri Jeonghye, juga ditemukan.

Nama Era[sunting | sunting sumber]

  • Daeheung (대흥 大興 Kebahagiaan Besar 737-774, ?-793)
  • Boryeok (보력 寶曆, 774-?, paling sedikit sampai tahun 781)

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Dae Muye
Penguasa Balhae
737–793
Diteruskan oleh:
Dae Won-ui