Kaišiadorys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta lokasi
Lambang

54°52′LU 24°27′BT / 54,867°LU 24,45°BT / 54.867; 24.450

Kaišiadorys ialah sebuah kota di Lituania tengah, yang terkenal akan peternakan unggasnya. Kota ini terletak di antara di antara 2 kota utama Lituania, Vilnius dan Kaunas, sehingga menikmati prasarana yang baik. Lembaga Kehewanan Lituania terletak di kota ini. Kaišiadorys adalah salah satu pusat keuskupan Lituania.

Nama kota ini menarik karena berasal dari nama Asia, seorang bangsawan Tatar Chaišadaras yang tinggal di daerah ini pada abad ke-16. Kota ini mulai berkembang saat sebuah jalur KA menghubungkan Vilnius dengan Liepaja dibangun pada tahun 1871. Pada tahun 1915, pada masa Jerman, kota ini menjadi ibukota unit administratif untuk yang pertama kalinya. Pada tahun 1919 sebuah KA pertama berangkat dari Kaišiadorys ke Radviliškis. Sementara Trakai dan kawasan Vilnius lainnya di bawah kendali Polandia, Kaišiadorys menjadi ibukota sementara Trakai apskritis.

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]

Presiden pertama setelah berdirinya kembali negara Lituania merdeka, Algirdas Brazauskas, belajar di Kaišiadorys; ada sebuah SD yang dinamai menurut namanya. Salah satu pemain depan basket Eropa Ramūnas Šiškauskas lahir di Kaišiadorys dan memulai karier profesionalnya di sini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]